Salin Artikel

Rusia Tempatkan Rudal Nuklir di Dekat Wilayah Ukraina

Citra satelit yang dirilis ImageSat International menunjukkan itu penempatan rudal balistik jarak pendek Iskander dekat kota Krasnodar.

Diwartakan Fox News via Newsweek Jumat (18/1/2019), Krasnodar berlokasi sekitar 434 km di sebelah tenggara perbatasan Ukraina.

Detil citra satelit itu menunjukkan adanya fasilitas peluncuran rudal dengan sejumlah bunker, dan hangar di bangunan kedua.

Peluncur Iskander juga terlihat berdekatan dengan kendaraan pengangkut yang dipakai untuk memasukkan rudal baru ke peluncur.

Rudal Iskander bisa menghantam jarak hingga 498 km, di mana dilaporkan Region Donbass di timur Ukraina berada dalam jarak tembak.

Militan pro-Rusia telah berperang melawan pasukan Ukraina di Donbass sejak 2014. Kremlin dilaporkan menyedikan bantuan militer baik langsung maupun tak langsung kepada milisi.

Meski perang masih berlangsung, intensitasnya mulai berkurang sejak situasi garis depan stabil dan gencatan senjata terjadi pada 2015 meski setiap hari dilanggar.

Namun, tensi kembali memanas pada 25 November 2018 ketika kapal Rusia menyerang dan menahan tiga kapal perang Ukraina di Laut Hitam.

Rusia mengklaim dua kapal artileri ringan dan satu kapal tunda yang melewati Selat Kerch itu telah melanggar perairan mereka.

Dari 24 pelaut yang ditahan, delapan di antaranya dijatuhi perpanjangan masa tahanan oleh pengadilan Moskwa yang menimbulkan protes dari Kiev maupun negara Barat.

Ukraina menegaskan ketiga kapalnya melewati perairan internasional, dan menuduh Moskwa telah menyulut insiden tersebut secara sengaja.

Rusia menduduki Semenanjung Crimea pada 2014 setelah Presiden Ukraina Vuktor Yanukovych yang dikenal pro-Kremlin dijungkalkan dalam aksi demonstrasi.

https://internasional.kompas.com/read/2019/01/19/17513021/rusia-tempatkan-rudal-nuklir-di-dekat-wilayah-ukraina

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke