Salin Artikel

Pelaku Perintahkan Jenazah Khashoggi Dibungkus Setelah Dimutilasi

Detil itu terungkap dalam buku yang ditulis tiga jurnalis Turki, sebagaimana diberitakan The New York Times Kamis (17/1/2019).

Dalam buku itu, pemimpin tim pembunuh Maher Abdulaziz Mutreb berkata kepada pakar forensik Salah al-Tubaigy bahwa mereka bakal mencoba membujuk Khashoggi pulang ke Saudi.

"Jika dia menolak, kami bakal membunuhnya dan segera menyingkirkan jenazahnya," tutur Mutreb kepada Tubaigy yang bertugas melakukan mutilasi.

Dalam buku yang didasarkan pada rekaman dari otoritas Turki, Tubaigy mengatakan Khashoggi adalah sosok jangkung dengan tinggi 180 cm.

"Memotong sendi hewan yang biasa dijadikan kurban merupakan pekerjaan gampang. Namun mutilasi tetap membutuhkan waktu," ujar Tubaigy.

Buku itu kemudian memaparkan momen ketika Khashoggi dibunuh dalam waktu 10 menit setelah dia memasuki kantor Konsulat Saudi di Istanbul.

"Apa lagi yang kalian tunggu?" hardik Tubaigy kepada Ghaleb al-Harbi dan Mohammed Saad Alzahrani yang bertugas membantu proses mutilasi.

Kepada anggota tim yang lain, Tubaigy berkata dia belum pernah berurusan dengan jenazah yang baru saja meninggal, dan terbiasa menangani kadaver.

Meski begitu, dia mengklaim bisa memotong dengan baik dan menuntaskan pekerjaannya secara sempurna. Dia juga mengungkapkan kebiasaannya sebelum bekerja.

"Biasanya saya bakal memasang earphone dan mendengarkan musik. Saya juga bakal meminum kopi dan merokok saat bekerja," kata Tubaigy.

"Setelah saya memotongnya, kalian harus memasukkannya ke dalam kantong plastik, masukkan ke mobil, dan bawah keluar potongan jenazahnya," tsmbahnya.

Buku itu memaparkan momen bagaimana para staf konsulat merasa jijik ketika mengetahui mutilasi Khashoggi berlangsung di kantor mereka.

Buku itu membeberkan rekaman itu memperdengarkan suara gergaji untuk otopsi dan pisau yang digunakan untuk memotong tulang.

Buku berjudul Diplomatic Atrocity: The Dark Secrets of the Jamal Khashoggi Murder itu memberikan detil mengenai momen pembunuhan Khashoggi.

Abdurrahamkan Simsek, Nazif Karaman, dan Ferhat Unlu sebagai penulis mendapatkan bahan dari pejabat Turki yang mengusut kasus tersebut.

Buku itu hanya menjelaskan bahwa pejabat intelijen Turki memperoleh rekaman bukti tersebut dari berbagai lokasi di konsulat.

https://internasional.kompas.com/read/2019/01/18/19483691/pelaku-perintahkan-jenazah-khashoggi-dibungkus-setelah-dimutilasi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke