Salin Artikel

Warga Brasil Tanpa Catatan Kriminal Kini Lebih Mudah Peroleh Senjata

Hal tersebut setelah Presiden Jair Bolsonaro, Selasa (15/1/2019), menandatangani dekret yang memutuskan pelonggaran terhadap undang-undang senjata nasional.

"Untuk menjamin hak pertahanan yang sah, selaku presiden, saya menggunakan senjata ini," kata Bolsonaro sambil menunjukkan pena yang dia gunakan untuk menandatangani dokumen keputusan.

"Warga negara yang baik kini akan lebih mudah memiliki senjata api," tambah presiden yang baru saja dilantik pada 1 Januari lalu itu.

Pembatalan undang-undang kontrol senjata telah menjadi salah satu janji kampanye Bolsonaro. Dia beralasan, warga negara yang bersenjata akan dapat mencegah penjahat.

Dalam dekret yang ditandatangani dalam siaran langsung itu salah satunya akan memudahkan warga negara dewasa yang tanpa catatan kriminal untuk dapat membeli senjata dan menyimpannya di rumah.

Aturan baru tersebut tidak termasuk membawa senjata, baik secara sembunyi-sembunyi maupun terbuka, di ruang publik, yang akan tetap hanya diperbolehkan untuk petugas polisi, personil keamanan publik atau swasta, dan militer.

Bolsonaro mengatakan, menandatanganan surat keputusan tersebut didasarkan pada referendum 2005, di mana 64 persen rakyat Brasil menentang larangan total perdagangan senjata.

Meski menurut sebuah survei yang dirilis bulan lalu oleh perusahaan Datafolha, justru menunjukkan 61 persen warga Brasil menentang kepemilikan senjata api secara umum.

"Orang-orang memutuskan untuk membeli senjata dan amunisi. Dan kita tidak dapat melarang mereka yang menginginkannya pada saat itu," ujarnya.

Pelarangan total kepemilikan senjata api dulu disahkan pada masa mantan presiden sayap kiri, Luiz Inacio Lula da Silva, yang kini tengah dipenjara atas kasus korupsi.

Sumber dari kementerian mengatakan kepada AFP, bahwa dekret tersebut dapat segera diberlakukan, tanpa perlu persetujuan dari kongres.

Brasil mencatat terjadi hampir 64.000 kasus pembunuhan selama 2017. Angka itu menjadikan Brasil salah satu negara paling berbahaya di dunia di luar kawasan perang.

https://internasional.kompas.com/read/2019/01/15/23510021/warga-brasil-tanpa-catatan-kriminal-kini-lebih-mudah-peroleh-senjata

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke