Salin Artikel

Maduro Sebut Presiden Baru Brasil Hitler Zaman Modern

Pernyataan tersebut disampaikan Maduro dalam pidato tahunannya di hadapan Majelis Konstituen, empat hari setelah dia dilantik untuk masa jabatan keduanya yang kontroversial.

"Bolsonaro adalah Hitler di era modern. Itulah dia. Bedanya, dia tidak memiliki keberanian maupun keputusannya sendiri, karena dia hanyalah boneka sekte," ujar Maduro dalam pidatonya, yang juga mengacu pada basis pendukung Bolsonaro dari kelompok Kristen evangelikal konservatif.

Pernyataan keras itu disampaikan Maduro sekaligus membalas komentar Bolsonaro sebelumnya, yang menuduh dirinya sebagai diktator dan menyebutnya tidak sah sebagai pemimpin Venezuela.

Kedua pemimpin negara itu memang diketahui tengah berselisih dan telah saling berbalas komentar tajam sejak terpilihnya Bolsonaro dalam pemilihan presiden Brasil pada akhir tahun lalu.

Komentar Bolsonaro sebelumnya terhadap Maduro, dilandasi kemenangannya dalam pemilu Venezuela pada bulan Mei tahun lalu yang diboikot oleh oposisi dan ditolak oleh AS, Uni Eropa serta banyak negara Amerika Latin lainnya, karena dianggap sebagai sebuah penipuan.

Maduro, yang kembali terpilih untuk masa jabatan kedua, telah disumpah oleh Mahkamah Agung pada Kamis (10/1/2019) pekan lalu.

Mahkamah Agung yang beranggotakan loyalis rezim Maduro, juga dianggap tidak sesuai dengan konstitusi Venezuela, yang menghendaki Majelis Nasional yang dikendalikan oposisi.

Parlemen juga telah dikesampingkan sejak Mahkamah Agung mencabut kekuasaannya pada tahun 2017, tak lama setelah oposisi meraih mayoritas pada akhir 2016.

Untuk menggantikan Majelis Nasional, Maduro kemudian membentuk Majelis Konstituen.

Kementerian Luar Negeri Brasil mengatakan, Majelis Nasional Venezuela sebagai badan yang dipilih secara demokratis dan memiliki kewenangan eksekutif.

Pemimpin Majelis Nasional, Juan Guaido mengatakan, undang-undang Venezuela memungkinkan dirinya untuk mengambil alih kekuasaan untuk membentuk pemerintahan transisi menjelang pemilihan baru, namun Maduro tetap mendapat dukungan dari komando tinggi militer.

https://internasional.kompas.com/read/2019/01/15/09450331/maduro-sebut-presiden-baru-brasil-hitler-zaman-modern

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke