Salin Artikel

Gedung Putih Bantah Ivanka Trump Masuk Kandidat Presiden Bank Dunia

Terkait kabar tersebut, Gedung Putih mengklarifikasi jika Ivanka, hanya akan membantu pemerintah AS dalam memilih kandidat tersebut dan bukan menjadi salah satunya.

Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin dan Kepala Staf Gedung Putih, Mick Mulvaney, dilaporkan telah meminta kepada putri Donald Trump itu untuk membantu dalam mengelola proses nominasi.

"Ivanka diminta membantu karena dia telah bekerja erat dengan kepemimpinan Bank Dunia selama dua tahun terakhir," kata Jessica Ditto, wakil direktur komunikasi Gedung Putih, Senin (14/1/2019).

Kendati demikian, Ditto mengatakan bahwa laporan yang menyebut Ivanka sedang dipertimbangkan sebagai salah satu kandidat adalah berita palsu.

Kabar mengenai masuknya Ivanka dalam jajaran kandidat calon presiden Bank Dunia, pertama kali dirilis oleh The Financial Times.

Media yang berbasis di London tersebut bahkan menyejajarkan Ivanka dengan mantan duta besar AS untuk PBB, Nikki Haley, sebagai kandidat pengganti Jim Yong Kim, yang mengundurkan diri dari jabatan presiden Bank Dunia awal pekan lalu.

Kim mulai menjabat presiden Bank Dunia sejak 1 Juli 2012 dan akan mundur dari jabatan tiga tahun lebih cepat, yakni sampai 1 Februari 2019.

Beberapa nama yang diperkirakan akan turut dipertimbangkan sebagai kandidat dari AS yakni Wakil Menteri Keuangan untuk Urusan Internasional David Malpass, serta Kepala Badan Pengembangan Internasional Mark Green.

Dewan Bank Dunia telah mengumumkan akan mulai menerima nominasi untuk calon pemimpin organisasi yang baru pada awal bulan depan dan bakal memilih pengganti Kim pada pertengahan April.

https://internasional.kompas.com/read/2019/01/15/08500091/gedung-putih-bantah-ivanka-trump-masuk-kandidat-presiden-bank-dunia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke