Salin Artikel

Gadis Saudi yang Kabur dari Keluarganya Kini Tinggal di Kanada

Dia menjadi pemberitaan internasional usai dicegat oleh otoritas bandara di Bangkok, Thailand, dalam usaha pencarian suakanya ke Australia.

Gadis berusia 18 tahun itu mengaku kabur dari keluarganya saat berkunjung ke Kuwait. Dia yang khawatir akan dipulangkan kemudian mengungkapkan ketakutannya di Twitter.

Rahaf bahkan menolak untuk menemui ayahnya, yang menyusulnya ke Thailand.

Dia juga yakin nyawanya terancam jika kembali ke keluarganya. Perempuan muda yang menginginkan kebebasan ini mendapat perhatian dari Badan Pengungsi PBB, UNHCR.

Diwartakan AFP, Minggu (13/1/2019), Kanada dengan tangan terbuka menyambut kedatangan Rahaf di Toronto pada Sabtu lalu, usai menempuh perjalanan internasional yang melelahkan.

Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland menyambut kedatangan Rahaf di bandara. Gadis itu tampak mengenakan kaus dengan hoodie abu-abu bertuliskan "CANADA".

Dia juga memakai topi biru dengan logo UNHCR. Rahaf terlihat bahagia ketika berfoto dengan Freeland di depan para pewarta.

"Dia melalui perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan, dan dia tidak akan menjawab pertanyaan untuk saat ini," ucap sang menteri.

Remaja tersebut diketahui telah mengenal beberapa orang di sana dan menghubungi mereka.

Dalam beberapa hari ke depan, perwakilan Costi akan membantunya membuka rekening bank dan mengurus berbagai hal administrasi sebelum mencarikan rumah permanen baginya.

Untuk sementara, dia tinggal di dalam sebuah fasilitas dengan penjagaan. Costi juga meminta Rahaf untuk merahasiakan alamat tempat tinggalnya kini.

"Saya takut, keluarga saya akan membunuh saya," tulisnya di cuitan lainnya.

Dia mengaku mendapat kekerasan fisik dari anggota keluarganya dan dipaksa menikah dengan seseorang.

Pemanfaatan Twitter oleh Rahaf membuatnya berhasil mengumpulkan puluhan ribu pengikut dalam waktu sepekan.

Seruan penolakannya kembali ke Saudi melalui media sosial memungkinkannya untuk menghindari nasib tragis pengungsi lainnya yang diam-diam dikembalikan ke rumah atau malah dibiarkan merana di pusat penahahan Bangkok.

https://internasional.kompas.com/read/2019/01/14/15522901/gadis-saudi-yang-kabur-dari-keluarganya-kini-tinggal-di-kanada

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.