Salin Artikel

Jika Trump Terbitkan Status Darurat Nasional di Perbatasan AS...

Pidato Trump ini disebut sebagai langkah untuk menekan pembangunan tembok perbatasan yang memicu perdebatan dan shutdown.

Trump sebelumnya mengatakan, bisa saja menerbitkan status "darurat nasional" yang akan mengucurkan dana Kementerian Pertahanan mengatasi perbatasan.

Lalu, bagaimana militer AS dapat membantu membangun tembok perbatasan jika Trump mengumumkan darutat nasional:

Berapa banyak

Jika Trump mengumumkan keadaan darurat nasional, dia akan dapat memanfaatkan dana pembangunan dari Pentagon yang telah disetujui oleh Kongres untuk 2019.

Saat ini, jumlahnya mencapai sekitar 10,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 148,8 triliun.

Namun, sebagian besar dari uang itu sudah ditetapkan untuk perumahan militer, peningkatan pangkalan dan berbagai proyek lainnya.

Para pejabat Pentagon berupaya mengetahui berapa banyak uang tunai yang dimiliki dalam dana konstruksi yang tidak dapat dengan mudah dialihkan ke misi pembangunan tembok perbatasan.

Kementerian Pertahanan juga bisa membatalkan atau mengurangi proyek-proyek yang direncanakan, meskipun langkah seperti itu akan memicu kemarahan anggota parlemen AS.

Siapa yang membangunnya?

Pentagon sudah memiliki sekitar 2.350 tentara yang bertugas aktif di sepanjang perbatasan. Selain itu, sekitar 2.200 pasukan Garda Nasional untuk mendukung operasi perbatasan.

Peran pasukan tersebut untuk membangun bermil-mil pagar kawat berduri sepanjang titik-titik persimpangan utama, meski tidak ahli dalam membangun tembok yang lebih permanen.

Tugas semacam itu bisa jatuh ke tangan Korps Insinyur Angkatan Darat, yang memiliki pengalaman puluhan tahun bekerja di proyek-proyek berskala besar.

Pentagon dapat mengalirkan pasukan tambahan ke perbatasan untuk membantu, atau pekerjaan itu dapat dialihkan ke kontraktor swasta.

Di bawah otoritas apa?

Undang-undang Keadaan Darurat Nasional memungkinkan presiden untuk mengumumkan keadaan darurat nasional, dengan memberikan alasan spesifik.

Setelah penerbitan status tersebut, akan memungkinkan mobilisasi ratusan kekuatan darurat di bawah undang-undang lain, dan memberikan akses ke dana pembangunan Pentagon.

Kekuatan darurat nasional dapat mengizinkan Gedung Putih untuk mendeklarasikan darurat militer, menangguhkan kebebasan sipil, memperluas militer, merebut properti dan membatasi perdagangan, komunikasi, dan transaksi keuangan.

Tantangan hukum

Setiap deklarasi darurat nasional pasti akan ditentang di pengadilan dan oleh anggota parlemen Partai Demokrat.

Kemudian, berbagai gugatan hukum dari pemilik tanah di perbatasan. Mereka berisiko mengalami perampasan properti oleh pemerintah.

Sementara, organisasi lingkungan juga bisa menjadi tantangan dalam pembangunan tembok perbatasan.

Mereka geram karena Trump ingin membangun tembok di area lingkungan yang sensitif.

https://internasional.kompas.com/read/2019/01/09/08023061/jika-trump-terbitkan-status-darurat-nasional-di-perbatasan-as

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.