Salin Artikel

Angkatan Laut Iran dan Rusia Agendakan Latihan Gabungan di Laut Kaspia

Latihan gabungan tersebut bakal meliputi latihan perang taktis, penyelamatan, dan anti-pembajak.  Demikian disampaikan Komandan Angkatan Laut Iran, Laksamana Muda Hossein Khanzadi.

"Latihan perang taktis, penyelamatan, dan anti-pembajak antara angkatan laut Iran dan Rusia akan segera digelar dalam waktu dekat," ujar Khanzadi, dikutip kantor berita Mehr, Minggu (6/1/2019).

Dalam pernyataannya, Khanzadi turut menegaskan kedudukan Iran yang menentang kehadiran militer dari negara mana pun dari luar wilayah di Laut Kaspia.

Diberitakan The New Arab, latihan gabungan serupa juga telah dilakukan angkatan laut kedua negara pada 2015 dan juga 2017.

Latihan gabungan militer tersebut sekaligus menegaskan hubungan yang dekat antara Moskwa dan Teheran, termasuk di Suriah, di mana kedua pemerintahan sama-sama mendukung rezim Presiden Bashar al-Assad dalam konflik di negara itu.

Tahun lalu, Rusia menyampaikan komitmen kuat untuk memperdalam hubungannya dengan Iran, meski ada keputusan Amerika Serikat untuk menarik diri dari kesepakatan nuklir dan memberlakukan kembaki sanksi terhadap Teheran.

Dan bulan lalu, Moskwa telah mengumumkan rencana untuk menjadi tuan rumah pertemuan antara pemimpin Rusia, Iran, dan Turki, di awal tahun ini guna membahas konflik di Suriah.

Pertemuan itu akan menjadi tahap berikutnya dari proses perdamaian Astana, yang dimulai pada awal 2017, sebagai tanggapan ketiga negara atas kegagalan upaya perdamaian yang dipimpin PBB.

Dalam proses perdamaian tersebut, Iran dan Rusia mendukung rezim Presiden Assad, sementara Turki mendukung apa yang tersisa dari oposisi di Suriah.

"Tahun ini adalah giliran kami untuk menjadi tuan rumah konferensi. Rencananya akan digelar pada pekan pertama tahun ini, namun semua tergantung pada jadwal para pemimpin negara," kata Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Mikhail Bogdanov, dikutip kantor berita Intefax.

Proses perdamaian Astana dimulai setelah adanya intervensi militer Rusia di Suriah, yang memberi keseimbangan pada dukungan terhadap rezim, dan sejak saat itu secara bertahap mulai melampaui proses perdamaian Jenewa yang disponsori PBB.

https://internasional.kompas.com/read/2019/01/07/21411361/angkatan-laut-iran-dan-rusia-agendakan-latihan-gabungan-di-laut-kaspia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke