Salin Artikel

Dikenal Dekat dengan Rakyat, Ini 7 Hal tentang Sultan Muhammad V

Pada Minggu (6/1/2019), pria berusia 49 tahun itu memutuskan mundur dan kembali ke Kelantan, tanpa membeberkan alasannya.

Selama menjabat, dia pernah meminta agar gajinya dipangkas karena prihatin terhadap utang Malaysia. Dia juga disebut menikahi mantan ratu kecantikan dari Rusia.

Berikut ini 5 hal tentang Sultan Muhammad V:

Dekat dengan rakyat

Melansir Malay Mail, Sultan Muhammad V dari Kelantan dikenal sebagai orang yang rendah hati.

Selama masa pemerintahannya sebagai Sultan Kelantan, dia kerap mengunjungi kampung di setiap distrik negara bagian.

Dia ingin lebih dekat dengan masyarakat, terutama selama bencana banjir yang rentan melanda pesisir timur Malaysia itu.

Sifatnya yang santai terus berlanjut ketika dia naik takhta sebagai Raja Malaysia pada 13 Desember 2016.

Pemotongan gaji

Sultan Muhammad V mengaku amat prihatin dengan besarnya utang negeri itu yang mencapai 1 triliun ringgit atau sekitar Rp 3.500 triliun.

Dia meminta agar gaji dan tunjangannya dipotong 10 persen hingga masa jabatannya berakhir.

Dia juga menerbitkan dekrit bahwa Istana Raja tidak akan menggelar open house pada Idul Fitri.

Keputusan itu diambil agar anggaran bisa dialihkan untuk hal yang lebih mendesak, misalnya membantu rakyat yang kekurangan.

Batalkan perayaan ulang tahun

Lagi-lagi terkait utang Malaysia, Sultan Muhammad V memutuskan membatalkan perayaan ulang tahunnya pada 9 September 2018.

Dia dilaporkan membatalkan upacara minum teh karena ingin menyumbangkan dana kegiatan tersebut untuk Tabung Harapan Malaysia.

Seperti diketahui, Tabung Harapan Malaysia dibentuk bagi warga Malaysia yang ingin membantu membayar utang negara dan ditutup pada akhir tahun.

Tak punya ratu

Sultan Muhammad V menjadi Yang Dipertuan Agong pertama dalam sejarah Malaysia memerintah tanpa didampingi permaisuri ratu atau Raha Permaisuri Agong.

Namun, dia menyukai hewan yang meramaikan rumahnya, seperti kuda, kucing, ayam, dan burung. Kegemarannya itu menunjukkan sifatnya yang lembut.

Nikahi Mantan Miss Moscow

Laporan dari media Inggris dan Rusia menyebutkan, dia telah menikah dengan mantan Miss Moscow Oksana Voevodina di Rusia dalam upacara yang mewah.

Upacara pernikahan yang rahasia itu dilaporkan digelar pada 22 November 2018 di Barvikha, sebuah desa mewah di Moskwa yang dihuni kaum elite Rusia.

Otoritas terkait di Malaysia belum mengomentari spekulasi soal pernikahan tersebut.

Usai cutinya rampung, para penguasa kerajaan kemudian dilaporkan menggelar pertemuan khusus pekan lalu.

Sejauh ini, tidak ada keterangan lebih lanjut soal kondisi kesehatan pria yang pernah menempuh pendidikan di St Cross College di Oxford itu.

Penggemar olahraga ekstrem

Selain terlibat dalam berbagai organisasi amal dan berperan aktid dalam bisang keamanan, Sultan Muhammad V juga menyukai olahraga ekstrem.

Dia menggemari ekspedisi Four-Wheel Drive, berkuda, memanah, dan menembak. Dia juga melakukan olahraga lain seperti golf, sepak bola, dan bowling.

https://internasional.kompas.com/read/2019/01/07/08470781/dikenal-dekat-dengan-rakyat-ini-7-hal-tentang-sultan-muhammad-v

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke