Salin Artikel

5 Fakta HMS Warrior, Kapal Perang Berbahan Besi Pertama di Dunia

Besi dinilai memiliki bahan yang lebih kuat dan memiliki kelebihan daripada kayu. Angkatan Laut Kerajaan Inggris akhirnya membangun kapal berbahan besi pertamanya yang diberi nama HMS Warrior.

Lebih dari 150 tahun sejak peluncurannya, kapal ini tercatat sebagai kapal berbahan besi pertama dunia.

Berikut fakta menarik mengenai HMS Warrior yang perlu Anda ketahui:

1. Pesaing kapal Perancis

Pada awal abad ke-19, Perancis memulai rencananya dengan membuat kapal dengan menggunakan besi. Karena keterbatasan teknologi, mereka hanya membalutkan besi pada kayu di kapal yang bernama "La Gloire".

Angkatan Laut Kerajaan Inggris berinovasi dengan baik mengubah kayu secara langsung dengan baja/besi.

Selain karena saingan antara kedua negara tersebut, langkah yang dilakukan Inggris merupakan tepat dan menghasilkan HMS Warrior yang lebih hebat.

HMS Warrior buatan Inggris tercatat sebagai kapal pertama yang menggunakan besi untuk mengganti dominasi kapal berbahan dasar kayu.

2. Lebih dari 2.000 pekerja

Ide pembuatan kapal ini berasal dari Laksamana Baldwin Walker yang menginginkan kapal yang berbeda dengan kekuatan yang lebih besar. Setelah rencana ini disetujui, akhirnya pembangunan mulai dilaksanakan.

Lebih dari 2.000 pekerja membangun kapal ini dengan memiliki persenjataan yang modern pada masanya.

Mereka bekerja secara bergiliran siang dan malam sesuai dengan vendor pembuatnya, yakni Thames Ironworks & Shipbuilding Co Ltd.

Kapal ini memiliki ukuran panjang 127 meter dengan lebar 17 meter dan beratnya sekitar 9.000 ton. HMS Warrior bertenaga uap dan mempu berjalan dengan 13 knot/24 kilometer per jam.

3. Berubah nama

Setelah lebih dari 40 tahun hilir mudik sebagai kapal perang yang menjaga Inggris, hingga dijadikan kapal cadangan akhirnya kapal ini berubah nama menjadi Vernon III.

Perubahan nama itu sekaligus menunjang Sekolah Angkatan Laut Inggris. Ketika berada di Portsmouth, kapal ini memberikan layanan dan tenaganya hingga berakhir pada 1923.

4. Menjadi pengangkut minyak

Pihak Angkatan Laut pernah berencana untuk menjualnya, namun tak ada yang tertarik kapal itu terlepas dari kenyataan bahwa memiliki besi yang tebal.

Pada Maret 1929, diputuskan untuk mengirimnya ke Llanion di Cleddau di mana dia akan beroperasi sebagai kapal pengangkut Bahan Bakar Minyak Hulk No C77.

Selama 50 tahun berikutnya, lebih dari 5.000 kapal berlabuh di sisi kapal dan mengambil minyak. Kapal ini juga menyediakan minyak-minyak ke pedalaman.

Bagi orang-orang Pembrokeshire bagian selatan (Wales), HMS Warrior segera menjadi pemandangan umum ketika mereka melakukan tugas sehari-hari.

5. Renovasi dan menjadi museum

Pada 1979, kapal itu direnovasi dan dialihkan fungsinya yang sebelumnya sebagai kapal pembawa bahan bakar.

Kapal ini dibawa menuju dermaga Portsmouth pada 16 Juni 1987 dan dijadikan sebagai kapal museum.

https://internasional.kompas.com/read/2018/12/29/14122121/5-fakta-hms-warrior-kapal-perang-berbahan-besi-pertama-di-dunia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke