Salin Artikel

Trump Ancam Tutup Perbatasan Meksiko jika Tak Bisa Bangun Tembok

Dilansir AFP Jumat (28/12/2018), ancaman itu dilontarkan presiden berusia 72 tahun tersebut melalui kicauannya di Twitter.

"Kami bakal menutup sepenuhnya Perbatasan Selatan jika Demokrat tak memberi kami uang untuk membangun tembok dan mengubah undang-undang imigrasi konyol ini," ancamnya.

Perpanjangan shutdown terjadi setelah baik politisi Demokrat maupun Trump gagal mencapai kesepakatan soal dana pembangunan tembok.

Trump meminta disediakan dana 5 miliar dollar AS, sekitar Rp 72,7 triliun, untuk membangun tembok perbatasan sesuai dengan janji kampanyenya di 2016.

Namun Demokrat menolak dan menawarkan 1,3 miliar dollar AS, atau Rp 18,9 triliun, dan membuat Trump menolak menandatangani sebagian pengeluaran negara.

Pada November, Trump mengancam bakal menutup perbatasan jika aparatnya kehilangan kendali atau ada orang yang terluka di sana.

Beberapa hari kemudian, otoritas AS sempat menutup perbatasan di selatan California setelah ratusan migran dari Amerika Tengah bentrok dengan aparat.

Akibat shutdown ini, para pegawai sembilan dari 15 kementerian dan badan negara termasuk Kementerian Luar Negeri maupun Kementerian Kehakiman tak digaji.

Ratusan ribu pegawai negeri AS terpaksa dirumahkan atau mengalami furlough, atau bekerja namun tak mendapat bayaran.

Ini merupakan shutdown ketiga yang terjadi di AS sepanjang Trump menjabat. Shutdown pertama terjadi pada Januari lalu, atau tepat setahun dia menjabat.

https://internasional.kompas.com/read/2018/12/28/20514871/trump-ancam-tutup-perbatasan-meksiko-jika-tak-bisa-bangun-tembok

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke