Salin Artikel

Kunjungan ke Irak, Trump Sebut AS Tak Bisa Lagi Jadi Polisi Dunia

Di Pangkalan Al-Assad di barat Irak, Trump menjelaskan kebijakan "America First" yang diusungnya ketika memulangkan pasukan dari Suriah.

Dilansir AFP Kamis (27/12/2018), Trump menyatakan AS tidak bisa selamanya menjadi polisi dunia, dan menegaskan tak ada lagi penundaan untuk menarik pasukan di Suriah.

"Sangat tidak adil jika semua beban harus kami tanggung," kata Trump kepada pasukan AS di Irak. Dia menuturkan AS tak akan dimanfaatkan oleh negara lain untuk melindungi mereka.

"Mereka harus membayar untuk (perlindungan) itu. Pasukan ini tersebar di seluruh dunia, bahkan di negara yang orang belum pernah mendengarnya. Menggelikan," bebernya.

Presiden 72 tahun itu menyatakan dia sempat mendapat saran dari para jenderalnya supaya menunda kepulangan 2.000 personel militer di Suriah.

Pasukan itu, bersama kontingen internasional lain, membantu milisi lokal dalam memerangi kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

"Anda tidak bisa menunda-nunda lagi. Sebab Anda sudah mendapat cukup waktu," ujar Trump menirukan perkataannya kepada para jenderalnya.

Dikutip BBC, Trump menjelaskan bahwa misi AS sejak awal adalah mengusir ISIS. "Kami melaksanakannya dengan baik dan kini saatnya untuk mengakhirinya," tuturnya.

Dia berkata tak mempunyai niat untuk menarik pasukan dari Irak. "Malah, mungkin saya bisa menggunakan pangkalan ini jika terjadi sesuatu di Suriah," tuturnya dilansir Sky News.

Trump melakukan kunjungan selama kurang lebih tiga jam bersama Ibu Negara Melania dan Penasihat Keamanan Nasional John Bolton.

Dia menjelaskan sejatinya telah mengagendakan kunjungan ke Irak, namun harus dibatalkan setelah informasinya bocor ke publik.

Trump mengatakan pembatalan itu karena dia mementingkan keselamatan istrinya. Agenda pertemuan dengan Perdana Menteri Irak Adel Abdel Mahdi juga dibatalkan.

Sebagai gantinya, mereka melakukan percakapan telepon di mana Trump mengundang Mahdi berkunjung ke Washington yang disambut positif oleh sang PM.

https://internasional.kompas.com/read/2018/12/27/13054811/kunjungan-ke-irak-trump-sebut-as-tak-bisa-lagi-jadi-polisi-dunia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke