Salin Artikel

Rusia: AS Tidak akan Bisa Selesaikan Konflik Israel-Palestina Sendirian

"Kami memahami pentingnya peran AS dan tidak akan pernah ada keberhasilan tanpanya," kata Lavrov dalam konferensi pers bersama Menlu Palestina, Riyadh al-Maliki, Jumat (21/12/2018).

"Namun harus disadari juga bahwa AS tidak akan pernah mampu mencapai kesepakatan sendirian," tambahnya, seperti dilansir Middle East Monitor.

Lavrov menegaskan kembali bahwa cara terbaik mengadakan pembicaraan perdamaian untuk kedua negara yang berkonflik adalah jika dilakukan di bawah pengawasan internasional, mengacu pada empat kekuatan PBB, yakni Uni Eropa, AS, Rusia, dan Liga Arab.

Lavrov juga menyampaikan keprihatinan terhadap keamanan di Israel. "Mengingat hubungan khusus kami tidak hanya dengan Palestina, tetapi juga Israel," ujarnya.

"Kami ingin membantu hingga tercapainya kesepakatan yang solid secara hukum dapat mengamankan kepentingan sah Israel dalam bidang keamanan," tambah Lavrov.

Dia juga menekankan bahwa kesepakatan yang dicapai tidak seharusnya membahayakan kepentingan Palestina.

Pernyataan Menlu Rusia itu datang usai Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley, memaparkan tentang rencana perdamaian Palestina-Israel yang diusulkan Washington.

"Rencana itu mengakui realitas di Timur Tengah yang sudah berkembang dalam bentuk penting," kata Haley dilansir Al Jazeera Rabu (19/12/2018).

Haley menambahkan, dokumen itu memuat hal positif maupun hal negatif dari Israel dan Palestina.

Rakyat Palestina, kata Haley, bakal memperoleh keuntungan jika terlibat dalam rencana perdamaian yang dipromosikan Washington.

"Proposal ini bakal berbeda dari yang sebelumnya, Pertanyaan kritisnya adalah apakah mereka bakal merespon juga berbeda," tutur Haley.

https://internasional.kompas.com/read/2018/12/24/17481521/rusia-as-tidak-akan-bisa-selesaikan-konflik-israel-palestina-sendirian

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke