Salin Artikel

Tsunami Selat Sunda, Ini Tokoh Dunia yang Ungkapkan Duka di Medsos

Berdasarkan catatan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana pada Senin (24/12/2018) pagi, korban meninggal mencapai 281 jiwa, ratusan lainnya luka-luka, dan sejumlah besar bangunan porak-poranda.

Untuk bencana yang  lagi-lagi menimpa Indonesia di pengujung tahun ini, sejumlah tokoh penting dunia baik dari bidang politik, olahraga, maupun hiburan, ramai-ramai memberikan dukungan dan doa untuk korban tsunami di Selat Sunda.

Mesut Oezil

Ucapan dukungan pertama, datang dari pemain sepak bola, Mesut Ozil. Melalui akun Twitter-nya @MesutOzil1088, Oezil menuliskan bentuk dukungannya untuk semua korban terdampak bencana.

Ada hal yang membuat warganet kagum, yaitu karena bahasa Indonesia yang ia gunakan  dalam ucapan tersebut sangat rapi.

Hingga muncul spekulasi, bintang Arsenal ini menggunakan Google Terjemahan atau memiiki admin akun yang berasal dari Indonesia.

“Berita buruk dari Indonesia. Saya berharap keluarga dari korban bencana alam ini dikuatkan dan bagi yang terluka semoga lekas pulih dan sehat kembali. My thoughts are with the victims of the #Tsunami in #Indonesia, their families and all those effected. Stay strong!" tulisnya.

Ia berharap kondisi setelah pemulihan nantinya bisa lebih baik dari sebelumnya.

Trump menyatakan keprihatinannya atas kehancuran yang ditimbulkan dari tsunami yang tak terduga ini. Ia mendoakan proses pemulihan dan penyembuhan korban, dan menyatakan negaranya ada untuk Indonesia.

"Unthinkable devastation from the tsunami disaster in Indonesia. More than two hundred dead and nearly a thousand injured or unaccounted for. We are praying for recovery and healing. America is with you!" tulisnya.

Narendra Modi

Tokoh politik dunia lainnya yang juga memberi dukungan untuk Indonesia dalam menghadapi bencana di akhir tahun ini adalah Perdana Menteri India Narendra Modi.

Melalui akun Twitter-nya @narendramodi menuliskan ungkapan duka cita. Ia menyatakan kesiapan negaranya untuk membantu Indonesia sebagai tetangga maritimnya, sembari men-tag akun Presiden Jokowi.

“Saddened by the loss of lives and destruction in Indonesia caused by Tsunami after the eruption of a volcano. Condolences to the bereaved families and wishing the injured an early recovery. India is ready to assist our maritime neighbour and friend in relief work. @jokowi ,” tulisnya.

Marc Márquez

Terakhir adalah sosok pebalap Moto GP asal Spanyol, Marc Márquez. Sama halnya dengan Oezil, Márquez juga menuliskan dukungannya dalam kalimat Bahasa Indonesia.

"Saya memberi dukungan kepada masyarakat Indonesia agar tetap kuat dan terus semangat, khususnya yang terkena dampak tsunami #Indonesia," tulisnya.

Hingga saat ini, proses penanganan dan pencarian korban yang hilang masih dilakukan oleh satuan gabungan, mulai dari BNPB, Basarnas, kepolisian, TNI, relawan, dan pihak-pihak lainnya.

Masyarakat pun masih diimbau untuk tidak berada di bibir pantai, karena aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau masih terus berlangsung.

https://internasional.kompas.com/read/2018/12/24/12335581/tsunami-selat-sunda-ini-tokoh-dunia-yang-ungkapkan-duka-di-medsos

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke