Salin Artikel

Utusan Perdamaian AS Ragu Taliban Ingin Akhiri Perang di Afghanistan

Sementara dirinya yakin terhadap pemerintah Afghanistan yang ingin menghentikan konflik, Khalilzad mengaku bertanya-tanya dengan niat Taliban untuk mencapai kesepakatan damai.

Pernyataan Khalilzad itu muncul setelah pihak kelompok militan tersebut menolak untuk bertemu dengan tim negosiasi yang didukung pemerintah Afghanistan.

"Kami harus menunggu dan melihat langkah-langkah mereka yang akan datang," kata Khalilzad dalam hasil wawancara yang disediakan kedutaan AS di Kabul, Kamis (20/12/2018).

Pernyataan Khalilzad kepada media Afghanistan setelah pertemuan tatap mukanya dengan Taliban menegaskan kembali pernyataan yang pernah disampaikan para diplomat negara-negara Barat di Kabul.

Selain perwakilan perdamaian AS dan Taliban, dalam pertemuan di Abu Dhabi awal pekan ini, turut hadir perwakilan dari Arab Saudi dan Pakistan.

Namun Khalilzad mengatakan Taliban tidak bersedia bertemu dengan 12 anggota delegasi Afghanistan.

"Jika Taliban benar-benar menghendaki perdamaian, bagaiman pun mereka harus duduk bersama dengan pemerintah Afghanistan untuk mencapai kesepakatan tentang penyelesaian politik masa depan di negara itu," kata Khalilzad.

Taliban telah berulang kali menolak untuk berbicara langsung dengan pemerintahan Afghanistan dan menyebut mereka sebagai boneka Amerika Serikat.

Khalilzad kembali menegaskan keinginannya untuk kesepakatan damai sebelum pemilihan presiden Afghanistan pada April mendatang.

Namun menambahkan hal itu tetap tergantung pada pemerintah Afghanistan dan Taliban.

https://internasional.kompas.com/read/2018/12/20/22585221/utusan-perdamaian-as-ragu-taliban-ingin-akhiri-perang-di-afghanistan

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.