Salin Artikel

Nama Donald Trump Diabadikan untuk Spesies Baru Amfibi Mirip Cacing

Spesies yang tidak memiliki indera penglihatan itu secara resmi diberi nama Dermophis donaldtrumpi.

Pemberian nama makhluk yang pertama kali ditemukan di Panama itu berkat peran seorang CEO perusahaan yang telah memenangkan hak penamaan dalam lelang yang digelar organisasi nonprofit, Rainforest Trust.

Aidan Bell, CEO perusahaan EnviroBuild, yang berbasis di London, Inggris, memenangkan hak penamaan spesies baru itu setelah menawar 25.000 dollar AS (lebih dari Rp 350 juta) dalam lelang.

Melansir dari Russian Times, penamaan spesies baru itu telah resmi dan para ilmuwan akan menggunakan nama Dermophis donaldtrumpi itu saat mempublikasikan penemuan mereka dalam literatur, dengan catatan telah melalui proses pemeriksaan.

Spesies baru itu masih masuk dalam famili caecilian, yang mencakup lebih dari 200 spesies, dengan sebagian besar lebih banyak hidup di bawah tanah, cukup berkebalikan dengan Trump yang justru banyak tampil di muka publik.

"Itu adalah nama yang sempurna. Caecilian diambil dari bahasa Latin, caecus, yang berarti buta. Sangat cocok untuk mencerminkan visi strategis yang secara konsisten ditunjukkan Presiden Trump terhadap perubahan iklim," kata Bell.

Pernyataan Bell tersebut mengacu pada sikap Trump yang dikenal sebagai pemimpin negara yang paling menolak isu perubahan iklim, bahkan sempat menegaskan jika dirinya tidak percaya akan adanya perubahan iklim.

Bell menegaskan bahwa penamaan spesies itu tidak memiliki tujuan politik apa pun. Meski kemudian dia kembali mengaitkan sosok presiden AS dengan sifat spesies baru tersebut.

"Genus dermophis ini dikenal menumbuhkan lapisan kulit ekstra yang kemudian akan dikelupas dan dimakan oleh hewan yang lebih muda. Perilaku yang dikenal dengan istilah dermatrophy."

"Sebagai metode untuk memastikan anak-anak mereka bertahan hidup, Donald Trump lebih suka memberi mereka peran tinggi di Ruang Oval," tulis Bell dalam blog miliknya.

Spesies baru amfibi ini ternyata bukan pertama kalinya yang diberi nama sesuai dengan Donald Trump.

Tahun lalu, spesies serangga ngengat berleher kuning telah diberi nama Neopalpa donaldtrumpi karena kemiripannya dengan penampilan Trump yang memiliki rambut pirang.

https://internasional.kompas.com/read/2018/12/19/11353181/nama-donald-trump-diabadikan-untuk-spesies-baru-amfibi-mirip-cacing

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke