Salin Artikel

Rusia akan Kembali Tingkatkan Kehadiran Militernya di Kutub Utara

Disampaikan Kementerian Pertahanan Rusia, Moskwa ingin menegaskan pengaruhnya di wilayah yang dianggap sebagai kawasan strategis itu.

"Kami akan menyelesaikan pembangunan infrastruktur pada 2019 untuk mengakomodasi unit radar pertahanan udara dan titik-titik panduan penerbangan di Kepulauan Sredny dan Wrangel, serta di Cape Schmidt," kata Menteri Pertahanan Sergei Shoigu, Selasa (18/12/2018).

Rusia telah bertahun-tahun meningkatkan aktivitasnya di Arktik yang dianggap sebagai prioritas utama lantaran kekayaan mineral dan kepentingan militernya.

Ditambahkan Shoigu, akomodasi untuk personil militer dan infrastruktur penerbangan telah diselesaikan di lokasi lain di Kutub Utara.

Rusia telah membuka rangkaian pangkalan militer dan ilmiah di Arktik selama beberapa tahun terakhir dengan kepentingan di kawasan itu terus meningkat untuk membuka rute pelayaran dan membuka akses ke sumber daya mineral yang selama ini belum dapat dieksploitasi.

Presiden Rusia, Vladimir Putin telah berulang kali melakukan perjalanan ke wilayah Kutub Utara. Tahun lalu, dia menyebut eksplorasi lebih lanjut dan penambangan bahan baku dari wilayah itu sangat penting.

Beberapa waktu lalu, NATO telah menggelar latihan militer terbesar sejak akhir Perang Dingin di dekat perbatasan Arktik Rusia dengan Norwegia dan menuduh Moskwa telah melakukan gangguan sinyal GPS selama digelarnya latihan.

https://internasional.kompas.com/read/2018/12/18/23290541/rusia-akan-kembali-tingkatkan-kehadiran-militernya-di-kutub-utara

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke