Salin Artikel

Goa Tempat Tim Remaja Thailand Terjebak Jadi Atraksi Wisata Populer

Desa Ban Chong, tempat di mana Goa Tham Luang, diwartakan London Evening Standard Minggu (16/12/2018), dikunjungi 16.000 turis setiap harinya.

Sunday Times memberitakan, kamp bagi turis dibangun untuk mengakomodasi mereka yang ingin berkunjung ke goa di kawasan utara Thailand.

Selain itu, sebuah museum juga sedang dibangun di dekat kompleks Tham Luang untuk mengenang 12 pemain dan seorang pelatih terjebak selama 17 hari.

Sebelumnya, ke-13 tim sepak bola Mu Pa (Wild Boar) terperangkap di Goa Tham Luang pada 23 Juni, dan baru ditemukan setelah sembilan hari operasi pencarian berlangsung.

Operasi mengeluarkan 13 anggota Mu Pa itu dilakukan pada 8 Juli di mana tim penyelamat dari seluruh dunia sukses mengangkat empat remaja.

Empat anggota lain dikeluarkan pada 9 Juli dan sisanya selamat sehari berselang (10/7/2018). Sayangnya, dalam operasi itu seorang penyelam tewas.

Penyelam bernama Saman Kunan tewas tatkala berusaha mengalirkan oksigen ke para penyelam yang berada di ruangan tempat tim bola itu terperangkap.

London Evening Standard memberitakan, patung untuk menghormati eks anggota Angkatan Laut Thailand itu bakal didirikan di dekat pintu masuk goa.

Sejak peristiwa tersebut, 12 anggota tim sepak bola Mu Pa dan pelatih Ekapol Chanthawong mendapat sorotan dari berbagai tempat.

Antara lain mereka menerima undangan wawancara dari host terkemuka Amerika Serikat (AS) Ellen DeGeneres maupun bermain dalam laga persahabatan melawan River Plate.

Begitu besarnya publisitas yang mereka terima, pemerintah Thailand memutuskan membentuk komite untuk memonitor dan membatasi akses media kepada Mu Pa.

https://internasional.kompas.com/read/2018/12/17/12430921/goa-tempat-tim-remaja-thailand-terjebak-jadi-atraksi-wisata-populer

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke