Salin Artikel

10 Fakta Menarik tentang Perkembangan Radio....

Radio kini juga bisa didengarkan melalui smartphone. Jika Anda memiliki smartphone, tinggal masuk dalam aplikasi radio atau dengan cara streaming.

Tapi konsep ini berbeda sebelum abad k- 20, ketika konsep nirkabel masih dianggap kisah fiksi semata.

Saat itu, penemu dan insinyur asal Italia, Guglielmo Marconi, mulai bereksperimen dengan teknologi dan menciptakan radio pertama, penemuannya mampu menjadi bukti kepada dunia bahwa radio juga mampu terpancar melintasi Samudera Atlantik.

Berikut ini adalah fakta menarik perjalanan radio:

1. Berkat Guglielmo Marconi

Guglielmo Marconi mengirim dan menerima sinyal radio pertamanya di Italia pada 1895. Pada 1899, ia mengirim sinyal nirkabel melintasi Selat Inggris.

Kemudian, dan pada 1901, ia mengirim kode "S" dari Inggris menuju Kanada. Ini adalah pesan telegram radio trans-Atlantik pertama yang berhasil.

2. Pengembangan Reginald Fessenden

Pada 1900, penemu Kanada Reginald Fessenden mengirim pesan suara pertama di dunia.

Ia terus berusaha mengembangkan penemuannya itu hingga pada malam Natal 1906. Saat itu ia berhasil membuat siaran radio pertama dalam sejarah.

3. Lee DeForest menciptakan audio

Pada 1907, Lee DeForest mematenkan perangkat elektronik bernama audio. Penemuan baru DeForest meningkatkan gelombang radio saat diterima dan memungkinkan suara manusia, musik, atau sinyal siaran apa pun terdengar keras dan jelas.

Karyanya juga akan mengarah ke radio AM pertama, yang akan memungkinkan pemancar menerima beberapa stasiun radio.

4. Stasiun radio mendapat "panggilan"

Sejak 1912, setiap negara menyetujui untuk memberlakukan "panggilan" untuk stasiun radio. Hal ini untuk menghindari kebingungan dengan stasiun radio negara lain. Anggap saja, ini seperti nama domain bekerja hari ini.

Di Amerika Serikat, huruf "W" dan "K" dipilih untuk digunakan. Pada 1923, Komisi Komunikasi Federal menetapkan bahwa semua stasiun radio baru di sebelah timur Sungai Mississippi  menggunakan "W" sebagai huruf pertama dan stasiun di sebelah barat Mississippi menggunakan "K".

5. Dampak tenggelamnya Titanic

Pada saat itu, telegraf radio di Titanic adalah salah satu sistem telegraf yang paling kuat di dunia. Telegraf radio dioperasikan oleh Perusahaan Marconi, dan dirancang lebih untuk kenyamanan penumpang kaya mereka daripada untuk kebutuhan para pekerja kapal.

Namun, saat Titanic tenggelam, radio tak optimal digunakan.

Kapal SS Californian menjadi kapal penolong yang lebih dekat ke kapal Titanic yang sudah karam. Namun, saat tragedi itu terjadi operator nirkabel kapal sudah tidur.

Orang di SS Californian tidak menyadari adanya sinyal marabahaya dari Titanic sampai pagi. Akhirnya, Kapal Carpathia sudah mengambil semua orang yang selamat dalam peristiwa itu.

Pada 1913, Konvensi Internasional untuk Keselamatan Kehidupan Laut diatur. Ini menghasilkan seperangkat aturan untuk kapal, termasuk memiliki sekoci untuk seluruh manifes dan mempertahankan penggunaan radio selama 24 jam.

6. Stasiun radio pertama

Pada 20 Agustus 1920, Detroit MI 8MK (hari ini dikenal sebagai WWJ 950 AM) mengudara sebagai stasiun radio pertama di Amerika Serikat.

Stasiun radio itu menawarkan siaran berita pertama mengenai olahraga dan keagamaan.

7. Siaran komersial pertama

Beberapa bulan setelah siaran 8MK, pada 2 November 1920, KDKA Pittsburgh membuat siaran komersial di Amerika Serikat.

Bertempat di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat, stasiun ini mulai mengudara kali pertama dan tercatat sebagai stasiun radio komersial pertama dunia. Siaran radio itu mengudara pada sore.

Stasiun ini muncul untuk mengurangi rasa haus pendengar radio kan lagu dan informasi yang berkembang ketika itu.

8. Edwin Armstrong menciptakan FM Radio

Edwin Armstrong yang merupakan penemu dan insinyur elektronika Amerika Serikat menemukan radio FM pada 1933.

Pekerjaan Edwin Armstrong pada modulasi frekuensi atau FM meningkatkan sinyal audio dengan mengendalikan kebisingan statis yang disebabkan oleh peralatan listrik dan atmosfer bumi.

Kehidupan Armstrong kemudian berubah secara tragis, karena gagal mendapatkan paten FM setelah berjuang selama bertahun-tahun. Dia kemudian bunuh diri pada 1954.

Radio FM lalu menjadi bentuk utama untuk penyiaran musik pada paruh terakhir abad ke-20.

9. Radio mobile pertama

Radio mobile yang sebenarnya belum diperkenalkan hingga 1930-an. Motorola kemudian menawarkan salah satu radio mobile pertama, yang dijual seharga sekitar 130 dollar. Philco juga memperkenalkannya.

10. Radio satelit

Radio satelit dimulai pada tahun 1992 ketika FCC mengalokasikan spektrum untuk penyiaran nasional Layanan Radio Audio Digital berbasis satelit.

Dari empat perusahaan yang mengajukan lisensi untuk penyiaran, dua dari mereka (Sirius dan XM) menerima persetujuan untuk menyiarkan pada 1997. XM akan diluncurkan pada tahun 2001, dan Sirius pada tahun 2002.

Akhirnya keduanya kemudian bergabung untuk membentuk Sirius XM Radio pada tahun 2008

https://internasional.kompas.com/read/2018/12/12/14385251/10-fakta-menarik-tentang-perkembangan-radio

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke