Salin Artikel

Terkena PHK, Karyawan Goodyear Venezuela Dapat Pesangon 10 Ban

Mengapa para karyawan itu diberi pesangon berupa ban? Ternyata, di saat segala kebutuhan berkurang di Venezuela, ban dengan kualitas terbaik amat mahal di pasar gelap.

Dalam pernyataan resminya pada Senin (10/12/2018), manajemen Goodyear mengatakan, terpaksa mengambol keputusan sulut ini.

"Tujuan kami sebenarnya adalah tetap beroperasi tetapi kondisi ekonomi dan ditambah sanksi AS membuat situasi amat sulit," demikian manajemen Goodyear.

Perusahaan itu kemudian menambahkan, pihaknya tengah melakukan proses PHK dengan membmeri pesangon 10 buah ban untuk tiap karyawan.

Goodyear menjadi perusahaan multinasional terakhir yang menutup operasinya di Venezuela.

Sebelumnya beberapa perusahaan seperti Kellogg, Kimberley Clark dan beberapa maskapai penerbangan juga berhenti beroperasi.

Sejak 2014, perekonomian Venezuela dalam kondisi yang amat buruk.

Diperkirakan 2,3 juta warga negeri itu mengungsi demi menghindari hiperinflasi, pemangkasan energi listrik, serta kekurangan pangan dan obat-obatan.

Selama dua tahun terakhir, pemerintahan Presiden Donald Trump menjatuhkan sanksi terhadap puluhan warga Venezuela termasuk para pejabatnya.

Washington menuding para pejabat Venezuela itu melakukan korupsi, menyelundupkan narkoba, serta melakukan pelanggaran HAM.

https://internasional.kompas.com/read/2018/12/11/13085601/terkena-phk-karyawan-goodyear-venezuela-dapat-pesangon-10-ban

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke