Salin Artikel

Pelaku Diminta Pakai "Earphone" Saat Mutilasi Jenazah Khashoggi

Tips dari pakar bernama Dr Salah Muhammad al-Tubaigy itu tertuang dalam transkrip rekaman pembunuhan yang dipaparkan CNN pada Minggu (9/12/2018).

Dalam transkrip tersebut terdengar suara seperti gergaji sedang memotong dan suara Tubaigy memberi nasihat kepada pelaku lainnya.

"Pasang earphone di telinga kalian atau dengarkan musik seperti yang saya lakukan saat ini," ujar Tubaigy dalam transkrip tersebut.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu berkata pada November lalu bahwa dia sudah mendengarkan rekaman tersebut dan sangat menjijikkan.

"Dalam rekaman itu bisa terlihat bagaimana si pakar forensik menikmati mutilasi," kata Cavusoglu kepada harian Jerman Sueddeutsche Zeitung via Daily Mirror.

Cavusoglu juga menyebut pembunuhan tersebut sudah jelas direncanakan, dan menuturkan jurnalis berusia 59 tahun itu dibunuh dalam waktu 7 menit.

Transkrip yang dipaparkan seorang sumber yang menangani penyelidikan itu memberikan rincian detik-detik Khashoggi dibunuh pada 2 Oktober.

Transkrip itu menunjukkan setiap detail ketika Khashoggi memasuki gedung Konsulat Saudi di Istanbul dan mengenali salah satu pelaku.

Oleh sumber itu, pelaku yang dimaksud adalah Maher Abdulaziz Mutreb, pejabat intelijen di bawah Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS).

Sempat bercakap-cakap dengan Mutreb, momen berganti di mana dalam transkrip Khashoggi meronta-ronta melawan tim beranggotakan 15 orang yang dikirim untuk membunuhnya.

"Aku tak bisa bernapas," ujar Khashoggi yang diidentifikasi sumber sebagai kalimat terakhirnya diikuti oleh suara-suara lain.

Setelah itu terdengar suara gergaji yang menunjukkan Tubaigy melakukan tugasnya. Selama proses berlangsung, transkrip mencatat Mutreb melakukan tiga kali panggilan telepon.

"Beri tahu bosmu, apa yang dia perintahkan sudah selesai. Misi terlaksana," ujar Mutreb kepada orang yang ada di telepon.

Penyelidik Turki meyakini saat itu Mutreb melapor kepada Saud al-Qahtani, penasihat Saudi bidang komunikasi yang dikenal dekat dengan MBS.

Buntut dari kasus pembunuhan tersebut, Saudi menyatakan sudah menangkap 21 orang  dengan lima orang di antaranya dituntut hukuman mati.

Saudi bersikeras MBS tak terlibat dalam pembunuhan itu meski Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA) dilaporkan meyakini perintah membunuh Khashoggi datang dari dia.

https://internasional.kompas.com/read/2018/12/10/10471111/pelaku-diminta-pakai-earphone-saat-mutilasi-jenazah-khashoggi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke