Salin Artikel

Kim Jong Un Dikabarkan Bakal Berkunjung ke Seoul Pertengahan Desember Ini

Kabar rencana kunjungan tersebut diungkapkan mantan Menteri Unifikasi Korea Selatan, Jeong Se-hyun dalam sebuah wawancara radio yang dilansir The Telegraph, Rabu (5/12/2018).

Menurut Jeong, Kim akan berkunjung ke Korea Selatab untuk pertama kalinya pada 18 Desember 2018. Kunjungan bersejarah itu disebut akan dilangsungkan selama tiga hari.

Disampaikan Jeong, kunjungan Kim ke Korea Selatan dilakukan tepat tiga bulan setelah pertemuannya dengan Presiden Moon Jae-in di Pyongyang pada 18 September lalu.

Jeong meyakini, keduanya telah menyepakati waktu kunjungan Kim ke Seoul sejak pertemuan tersebut.

Presiden Moon sejak lama telah mengungkapkan keinginannya untuk menjamu Kim di Seoul dan telah mengatakan kemungkinan Kim untuk berkunjung sebelum akhir tahun ini.

Pemimpin Korea Selatan itu mengatakan, kunjungan kenegaraan bakal mempercepat upaya denuklirisasi Semenanjung Korea dan mengarah pada peningkatan hubungan antara Korea Utara dengan Amerika Serikat.

Presiden AS Donald Trump juga turut mendukung rencana kunjungan Ketua Kim untuk bertemu dengan Moon, yang dipercaya bakal membuka jalan pertemuan keduanya dengan Pemimpin Korea Utara itu pada awal 2019.

Sebuah editorial dari surat kabar The Korea Herald menyebut, kunjungan Kim ke Seoul bisa menjadi momen bersejarah.

Namun ditambahkannya, kunjungan itu juga berpeluang menjadi perjalanan yang sia-sia, kecuali dapat berkontribusi dalam proses perdamaian di Semenanjung Korea, termasuk denuklirisasi.

Pandangan itu mengacu pada pertemuan antara pemimpin dua Korea sebelumnya, yang tidak menghasilkan perdamaian di semenanjung, namun justru memberi kesempatan pada Korea Utara untuk mengembangkan teknologi misil dan nuklirnya.

Pendapat serupa juga disampaikan surat kabar The Chosun Ilbo, yang menuduh Korea Utara hanya berpura-pura menunjukkan kemajuan dalam pelucuan persenjataan nuklirnya.

https://internasional.kompas.com/read/2018/12/06/13071911/kim-jong-un-dikabarkan-bakal-berkunjung-ke-seoul-pertengahan-desember

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke