Salin Artikel

Trump Organization Pertimbangkan Beri "Penthouse" kepada Putin

Diwartakan BuzzFeed News via New York Post Kamis (29/11/2018), harga penthouse yang ditawarkan Trump Organization itu mencapai 50 juta dollar AS (Rp 716,4 miliar).

Proposal penawaran itu terjadi di tengah isu rencana pembangunan Menara Trump di Moskwa saat pemilihan presiden AS 2016.

Kuasa hukum Trump Michael Cohen yang mengaku menegosiasikan proposal bangunan itu dilaporkan berdiskusi tentang pemberian penthouse kepada perwakilan Putin.

Kolega Cohen Felix Sater mengaku itu tercetus sebagai strategi pemasaran. "Di Rusia, para orang kaya tentu bakal berusaha tinggal di bangunan yang sama dengan Putin," akunya.

Sater berkata, idenya adalah memberikan penthouse senilai 50 juta dollar AS kepada Putin, sementara taipan lainnya bakal dibanderol 250 juta dollar AS (Rp 3,5 triliun).

"Tentunya para orang kaya itu bakal berbaris agar bisa tinggal di bangunan yang sama dengan presiden mereka," ujar Sater kembali.

Dalam persidangan di pengadilan federal, Cohen mengaku telah berbohong kepada Kongres tentang rencana pembangunan Menara Trump.

Jaksa federal mengatakan, kebohongan itu dilakukan ketika Cohen menyerahkan surat kepada komite intelijen Senat dan DPR pada 28 Agustus 2017.

Dalam Surat tersebut disebutkan, rencana pembangunan telah diakhiri pada Januari 2016, atau sebelum kampanye presiden.

"Saya membuat pernyataan tersebut konsiden dengan pesan politik Individu-1 dan kesetiaan kepada Individu-1," ucapnya, seperti dikutip dari CNN.

Pengungkapan itu sekaligus menunjukkan Trump terlibat dalam urusan bisnis dengan Rusia di tengah kampanye kepresidenan, di mana Rusia disebut membantunya agar terpilih.

Individu-1 yang dimaksud merujuk kepada Trump. Presiden 72 tahun itu mengaku bakal kembali bergelut dengan bisnisnya jika dia kalah.

"Terdapat peluang di mana saya tidak akan memenangkan pemilu ini. Karena itu, mengapa saya harus kehilangan kesempatan lebih banyak?" kata Trump.

https://internasional.kompas.com/read/2018/11/30/20424651/trump-organization-pertimbangkan-beri-penthouse-kepada-putin

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke