Salin Artikel

Jepang Berencana Punya Kapal Induk Pertama sejak Perang Dunia II

Diwartakan The Guardian Kamis (29/11/2018), saat ini Angkatan Laut Jepang memiliki dua kapal pengangkut helikopter kelas Izumo.

Nantinya, kapal dengan panjang 248 meter yang bisa menampung 14 helikopter tersebut bakal ditingkatkan hingga bisa meluncurkan jet tempur.

Harian bisnis Nikkei melaporkan, rencana peningkatan itu bakal dimasukkan ke dalam panduan pertahanan nasional yang bakal dirilis Desember.

Rencana itu muncul setelah sebelumnya Tokyo mempertimbangkan untuk membeli 100 unit jet tempur F-35 dari Amerika Serikat (AS).

Rencana pembelian dengan nilai kontrak lebih dari 1 triliun yen, sekitar Rp 127,7 triliun, itu bakal melengkapi 42 unit F-35 yang lebih dulu dibeli.

Peningkatan dua kapal kelas Izumo itu menuai kritikan karena dianggap melanggar komitmen pasca-perang bahwa Jepang hanya fokus kepada perlindungan negaranya sendiri.

Pemerintahan Jepang sebelumnya selalu mengesampingkan rencana mengubah kapal Izumo. Jika merujuk konstitusi damai, peningkatan itu bisa diartikan tindakan ofensif.

Namun Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe kepada Presiden AS Donald Trump pada September lalu berkata, peralatan yang bagus dan canggih bisa menunjang pertahanan Jepang.

Rencana itu bergulir setelah China dilaporkan membangun kapal induk yang bisa dikerahkan ke perairan Pasifik dekat dengan wilayah Jepang.

"Karena itu, saya kira Izumo bisa dipakai untuk berbagai tujuan," kata Menteri Pertahanan Takeshi Iwaya kepada awak media awal pekan ini.

Jika sudah ditingkatkan, harian Mainichi Shimbun mengabarkan kapal Izumo bisa dikerahkan ke kawasan terpencil Jepang di sebelah barat daya.

https://internasional.kompas.com/read/2018/11/29/16593151/jepang-berencana-punya-kapal-induk-pertama-sejak-perang-dunia-ii

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke