Salin Artikel

Hari Ini dalam Sejarah, Balapan Mobil Pertama di Amerika Serikat

KOMPAS.com - Keberhasilan pabrikan otomotif dalam mengembangkan teknologi mobil tak sontak membuat sebagian orang merasa puas. Ketidakpuasan muncul karena mereka mempunyai asumsi bukan hanya pengembangan teknologi, melainkan kecepatan yang menjadi faktor pemikat dalam berkendara.

Maka dari itu, uji coba kecepatan mobil-mobil yang telah diproduksi menjadi solusi. Pabrikan tak hanya dituntut untuk untuk mengembangkan mobil melainkan untuk bisa upgrade tenaga agar mobil bisa mencapai kecepatan maksimal.

Uji coba kecepatan mobil itu diikuti oleh beberapa pihak. Namun, tak banyak yang tahu bahwa balapan mobil pertama telah lebih berusia 100 tahun.

Tepat hari ini pada 123 tahun yang lalu, 28 November 1895, dilakukan balapan mobil untuk kali pertama di Amerika Serikat.

Dilansir dari Encyclopedia of Chicago, perlombaan mobil pertama di Amerika Serikat ini dilaksanakan di Chicago pada perayaan Thanksgiving.

Ide awalnya berasal dari seorang bernama Herman H Kohlstaat yang membuat surat kabar Chicago Times-Herald, yang juga sponsor dalam adu balap ini. Maka dari itu balapan ini sering disebut The Chicago Times-Herald Motor Race.

Balapan

Pada Juli 1895, Chicago Times-Herald mengumumkan perlombaan yang akan diadakan di "Kota Berangin" itu. Perusahaan media itu memberikan hadiah sebesar 5.000 dollar kepada para pemenang.

Promosi ini merupakan bertujuan untuk mendorong pertumbuhan industri otomotif di Amerika Serikat dan untuk meningkatkan penjualan surat kabar ketika itu.

Pada awalnya, perlombaan direncanakan dari Chicago menuju ke Milwaukee. Namun, karena ketika itu jalan belum layak digunakan untuk balapan, maka arena diperpendek.

Jarak pacuan dibuat sepanjang 86 kilometer dari Chicago menuju Evanston, kemudian kembali lagi menuju Chicago. Garis start dan finish berada lokasi yang kini menjadi Museum Sains dan Industri Chicago.

Dilansir dari History.com, lebih dari 80 pembalap mendaftar kompetisi ini. Sebagian dari mereka memodifikasi mobil balapnya di rumah, dan ada juga di bengkel-bengkel. Namun, karena sesuatu hal, hanya enam yang akhirnya ikut berkompetisi dalam perlombaan ini.

Suhu sekitar -1 derajat Celsius menjadi tantangan bagi pembalap. Apalagi, salju setebal 15 centimeter menyelimuti jalan untuk balapan.

Perlombaan itu mengerikan karena badai salju besar datang dan menyebabkan beebrapa mobil kontestan terjebak di tumpukan salju, meluncur ke kendaraan lain dan terhenti.

Hasil

Pada pertandingan perdana itu, Frank Duryea memenangkan perlombaan di Amerika Serikat. Duryea menyelesaikan lomba dalam waktu 10 jam dan 23 menit. Dirinya melakukan perjalanan dengan kecepatan rata-rata 8,04 kilometer per jam menerjang badai.

Mobil Duryea berhasil melakukan perjalanan dengan kecepatan rata-rata 8,04 kilometer per jam menerjang badai. Sementara itu posisi kedua diraih Oscar Mueler dengan mengendarai mobil Benz.

Balapan ini setidaknya sesuai dengan keinginan Kohlstaadt karena telah berhasil memperkenalkan balapan mobil kepada orang Amerika Serikat.

https://internasional.kompas.com/read/2018/11/28/14240281/hari-ini-dalam-sejarah-balapan-mobil-pertama-di-amerika-serikat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke