Salin Artikel

Media Saudi Tertipu Gambar Palsu tentang Penyambutan MBS di Mesir

Media penyiaran yang didanai Saudi, Al-Arabiya, pada Selasa (27/11/2018), memberitakan tentang otoritas Mesir yang disebut telah melakukan penyambutan unik untuk Pangeran Mohammed yang tiba di Kairo.

Pemberitaan yang sama juag dimuat harian lokal Mesir, El-Fagr, yang menyebut Kairo telah menampilkan tanda selamat datang kepada kerajaan Saudi.

Namun seorang akademisi Inggris, HA Hellyer, telah mengungkapkan bahwa ternyata foto yang disebarkan oleh media lokal Mesir maupun Arab Saudi itu ternyata palsu.

"Saya baru saja memeriksa apakah gambar itu benar atau tidak dengan sumber-sumber Mesir dan ternyata itu palsu," kata peneliti senior dari Dewan Atlantik Royal United Services Institute in London, melalui akun Twitter-nya.

"Tidak ada tampilan bendera Saudi di piramida Giza. Syukurlah. Sangat menggelikan melihat akun baik yang mendukung maupun anti dengan MBS dan Sisi menyebarkannya ke mana-mana," lanjutnya.

Hal itu dapat menjadi bukti lain bahwa gambar yang ditampilkan media Saudi maupun harian Mesir tersebut adalah palsu.

Pangeran Mahkota Saudi, yang akrab disapa dengan MBS tersebut tiba di Kairo pada Senin (26/11/2018) dan bertemu dengan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi.

Kunjungan MBS ke Mesir sebagai bagian dari rangkaian tur ke negara Arab yang diperintahkan oleh Raja Salman bin Abdulaziz.

Tur yang dilakukan MBS tersebut juga menjadi sorotan karena dilakukan di tengah kecaman masyarakat internasional terhadap pemerintah kerajaan Saudi terutama putra mahkota, terkait kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

https://internasional.kompas.com/read/2018/11/27/23071591/media-saudi-tertipu-gambar-palsu-tentang-penyambutan-mbs-di-mesir

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke