Salin Artikel

Kim Jong Un Sangat Gembira dengan Uji Coba Senjata Baru Korut

Media Korut KCNA dikutip Newsweek memberitakan Jumat (16/11/2018), Kim menghadiri demonstrasi senjata baru itu di lokasi yang dirahasiakan.

Setelah menyaksikan uji coba senjata tersebut, KCNA melaporkan Kim terlihat begitu emosional dan menyebut uji coba itu sukses.

"Pemimpin Tertinggi Kim Jong Un sangat gembira dan mengatakan para ilmuwan militer telah melakukan kerja yang bagus," ulas KCNA.

Kim menyatakan dia sangat merindukan ayahnya, mendiang Kim Jong Il, setelah melihat demonstrasi itu. Adapun proyek pembuatan senjata tersebut dilakukan pada era Kim Jong Il.

Dalam dua foto yang dirilis KCNA, terlihat Kim memberikan pengarahan dengan para pejabat militer mendengarkan dan menuliskannya dalam catatan mereka.

Dilansir Reuters, Kim menyatakan hasil uji coba itu menunjukkan fokus pemerintah pada sains pertahanan dan teknologi.

"Menunjukkan kecepatan dalam peningkatan kemampuan pertahanan negara kita, terutama di kawasan ini," tutur pemimpin yang berkuasa sejak 2011.

Dalam foto yang dirilis, tidak ada siluet senjata yang terlihat. KCNA juga tidak memberikan rincian jenis senjata apa yang diujicoba.

KCNA hanya mengulas bahwa mereka melakukan tes senjata taktis berteknologi tinggi yang telah dikembangkan dalam waktu lama.

Sejumlah pakar mengatakan kemungkinan yang sedang diujicoba Korea merupakan bagian dari artileri jarak jauh, seperti peluncur roket.

Pakar militer dari Korea Selatan (Korsel) Yang Wook berujar, penggunaan kata taktis merujuk pada senjata yang bisa menyerang pangkalan selevel Amerika Serikat (AS).

Terakhir kali Korut mengumumkan uji coba senjata adalah November 2017, ketika itu rudal balistik antar-benua (ICBM) berhasll diluncurkan.

Uji coba persenjataan baru tersebut dilakukan di tengah meningkatnya suhu perundingan seputar pelucutan senjata nuklir Korut.

https://internasional.kompas.com/read/2018/11/16/20341281/kim-jong-un-sangat-gembira-dengan-uji-coba-senjata-baru-korut

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke