Salin Artikel

Berlibur ke Maroko, Turis Asal Inggris Tewas Akibat Gigitan Kucing

Dilansir dari Daily Mail, turis tersebut meninggal setelah kembali ke Inggris usai menjalani liburan di Afrika Utara. Demikian dirilis Dinas Kesehatan Masyarakat Inggris (PHE) pada Senin (12/11/2018).

PHE menolak memberikan rincian lebih lanjut terkait kasus tersebut. Mereka tidak menyebut identitas korban, termasuk jenis kelaminnya, usia, maupun tempat tinggal mereka di Inggris.

Mereka beralasan informasi tersebut merupakan rahasia pasien.

PHE menegaskan bahwa tidak ada risiko bagi publik yang lebih luas, namun mengeluarkan peringatan kepada warga Inggris yang bepergian ke daerah-daerah yang masih berisiko akan penyebaran penyakit itu.

Warga Inggris banyak yang berwisata ke destinasi populer seperti Mesir, Tunisia, dan Turki yang semuanya masuk dalam risiko tinggi penularan rabies dari anjing ke manusia, meski kasus yang melibatkan kucing terbilang jarang.

"Ini menjadi pengingat akan pentingnya tindakan pencegahan yang harus dilakukan orang ketika bepergian ke negara-negara di mana rabies masih banyak terjadi," kata Dr Mary Ramsay, Kepala Imunisasi PHE.

"Jika Anda digigit, dicakar, atau bahkan sekadar dijilat oleh binatang, Anda harus mencuci luka atau tempat yang terpapar dengan banyak sabun dan air, serta mencari bantuan medis segera."

"Tidak ada risiko yang lebih luas terhadap publik terkait kasus ini. Tetapi sebagai tindakan pencegahan, petugas kesehatan dan kontak terdekat sedang dikaji dan ditawarkan vaksinasi bila diperlukan," tambahnya.

Inggris telah dinyatakan bebas rabies sejak awal abad ke-20, dengan pengecualian terhadap virus mirip rabies yang disebarkan oleh spesies kelelawar liar.

Namun antara tahun 2000 hingga 2017, lima penduduk Inggris disebut positif terinfeksi rabies dari hewan di luar negeri.

Kasus rabies terakhir yang tercatat di Inggris adalah tahun 2012, yakni pada seorang wanita berusia 50-an tahun yang digigit anjing di Asia Selatan.

Korban sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Penyakit Tropis di London, namun meninggal dua bulan kemudian.

https://internasional.kompas.com/read/2018/11/12/19475611/berlibur-ke-maroko-turis-asal-inggris-tewas-akibat-gigitan-kucing

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke