Salin Artikel

"Nge-twit" soal Kebakaran Hutan California, Trump Panen Kecaman

Dilansir CNN Senin (12/11/2018), Trump menge-twit berisi kritikan dengan menganggap musibah itu terjadi karena buruknya manajemen.

Dia menuturkan, kucuran uang miliaran dollar AS menjadi sia-sia karena buruknya pengelolaan yang mengakibatkan nyawa melayang.

"Tidak ada alasan dari kebakaran hutan yang mematikan dan merugikan ini selain manajemen yang sangat buruk," keluh Trump.

"Dengan manajemen hutan yang layak, kita bisa menghentikan bencana mengerikan yang terjadi di California. Jadilah pintar!" lanjut Trump.

Komentar tersebut langsung menuai kritikan dari Presiden Asosiasi Pemadam Kebakaran Internasional Harold Schaitberger.

Dia menuturkan Trump telah mencampuradukkan politik dengan bencana. "Pernyataannya merupakan penghinaan bagi anggota pemadam kebakaran dan warga yang menjadi korban," terangnya.

Sementara Presiden Asosiasi Pemadam Kebakaran California Brian K Rice menyebut Trump telah menyerang seluruh lapisan yang menderita karena kebakaran hutan tersebut.

"Dalam pandangan saya, serangan itu sangat memalukan dan telah melukai para pria dan perempuan pemberani yang sudah terjun ke lokasi kejadian," kecamnya.

Dari kalangan politisi, Senator Negara Bagian California Henry Stern berujar bahwa kebakaran hutan bukan merupakan peristiwa politik.

"Seharusnya Presiden berkata kejadian ini merupakan bencana, bukan insiden politik. Ini tentang masyarakat. Bukan satu kalangan saja," keluhnya.

Sementara selebritis seperti penyanyi Katy Perry menyatakan Trump tak punya hati karena terkesan berpolitik saat bencana terjadi.

"Ini bukan tentang politik. Hanya warga AS yang baik telah kehilangan rumah mereka dan mengungsi ketika Anda memberi kicauan demikian" tegas Perry.

Selumnya, dua kebakaran melanda kawasan utara dan selatan California dengan korban tewas dilaporkan mencapai 23 orang.

Api Camp dan Api Woolsey yang dilaporkan terdeteksi Kamis pekan lalu (8/11/2018) itu menghanguskan wilayah hingga 40.500 hektar.

Gubernur California Jerry Brown telah meminta kepada Presiden Donald Trump untuk menaikkan statusnya menjadi bencana nasional.

https://internasional.kompas.com/read/2018/11/12/09272051/nge-twit-soal-kebakaran-hutan-california-trump-panen-kecaman

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke