Salin Artikel

Brand Kompas Borong Penghargaan Internasional Asian Digital Media Awards 2018

Kompas.com membawa pulang satu penghargaan perunggu, sementara  harian Kompas memboyong satu penghargaan emas dan satu penghargaan perunggu.

Project Bersama Lebih Lama merupakan cara kreatif tim Tekno di Kompas.com yang membedah fitur-fitur telepon seluler dengan cara yang beda dari teknik-teknik ulasan atau review yang pernah ada. Bersama Lebih Lama mengisahkan dinamika hubungan jarak jauh antara Oik dan Tini.

Ulasan ponsel dinarasikan dalam storyboard yang membentuk film pendek. Ulasan unik ini kemudian mendapat sponsorship dari sebuah brand, karena itu film pendek ini dikompetisikan dalam kategori "Best Branded Content Project". 

Sementara, penghargaan emas yang diterima harian Kompas berasal dari kategori "Reader Revenue Initiative" yang diraih oleh Kompas.id.

Kompas.id adalah proyek inisiatif website resmi dari harian Kompas yang berbayar. Disebut reader revenue karena Kompas.id menerapkan langganan digital berbayar untuk subscriber atau pelanggan yang mendaftar. 

Ketika itu, banyak media digital lain di Indonesia sebagian besar memilih bebas akses dengan model bisnis mengandalkan pemasukan iklan website atau berbasis ads revenue, Kompas.id mengambil terobosan untuk memilih model bisnis berbasis pelanggan atau reader revenue.

Untuk penghargaan perunggu harian Kompas, diraih dari kategori "Best News Website or Mobile Service" untuk liputan Jelajah Terumbu Karang "Beyond Coral Reef".

Penghargaan tersebut diberikan dalam forum konferensi Digital Mesia Asia 2018. Acara ini dihadiri oleh wakil media dari 40 negara, membahas berbagai tantangan dan peluang yang dialami media cetak dalam menghadapi disrupsi digital. 

Penghargaan lainnya

Penghargaan ini sudah kesekian kalinya diterima harian Kompas maupun Kompas.com. Sebelumnya, harian Kompas meraih penghargaan Asian Media Awards 2018 pada Rabu (25/4/2018), untuk kategori Feature Photography.

Fotografer Kompas, Ferganata Indra Riatmoko, menerima penghargaan silver untuk feature foto bertajuk "Air Bersih" di The Westin Hotel and Resort di kawasan Nusadua, Bali.

Visual Interaktif Kompas (VIK), salah satu bagian produk Kompas.com, berhasil mendapat penghargaan Asian Digital Media Awards 2017. VIK menyabet penghargaan silver untuk kategori "Best Innovation New Product" .

Di ajang Asian Media Award 2017, harian Kompas kembali menerima penghargaan desain terbaik untuk kategori desain terbaik (Best in Design) subkategori desain halaman satu koran (Best Newspaper Front Page Design). Kali ini, Kompas mendapatkan perunggu (bronze).

Di ajang yang sama di tahun 2010, Kompas pernah mendapatkan emas untuk kategori desain terbaik halaman satu. Headline "Selamat Jalan, Gus..." saat itu memberitakan wafatnya Gus Dur.

Di tahun 2014, Kompas mendapatkan perunggu untuk kategori Best in Photojournalism subkategori fotografi berita. Tahun 2013, Kompas mendapatkan emas untuk kategori Best in Photojournalism, subkategori olahraga. 

Harian Kompas juga menyabet sejumlah penghargaan dalam Konvensi WAN-IFRA di Nusa Dua, Bali, Rabu (11/4/2012). Kali ini, tiga wartawan foto Kompas mendapat penghargaan kategori foto sport. P Raditya Mahendra Yasa mendapatkan emas, Agus Susanto mendapatkan perak, dan Yuniadhi Agung memperoleh perunggu.

Di Asian Media Awards pada tahun 2012, Kompas pernah memborong semua penghargaan emas, perak, dan perunggu untuk kategori Best in Photojournalism subkategori olahraga. Plus, di tahun itu mendapat perunggu untuk Best in Community Award.

Situs berita Kompas.com mendapatkan penghargaan Asian Digital Media Awards 2011 yang diumumkan di Hong Kong, Kamis (24/11/2011). Kompas.com mendapatkan silver award untuk kategori Best Newspaper Website in Asia.

Di ajang yang sama tahun itu, Kompas Citarum Expedition memenangi gold award kategori Best Cross Media Editorial Coverage in Asia. Kompas Editors' Choice for PlayBook memenangi bronze award kategori Best eReader/Tablet. (NMP/AMR)

https://internasional.kompas.com/read/2018/11/08/21062941/brand-kompas-borong-penghargaan-internasional-asian-digital-media

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke