Salin Artikel

Biografi Tokoh Dunia: Bram Stoker, Penulis Novel Horor Dracula

Selama hidupnya, dia pernah menjadi asisten pribadi aktor Sir Henry Irving dan manajer bisnis dari Teater Lyceum yang dikelola Irving.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut merupakan biografi dari Bram Stoker.

1. Masa Kecil
Stoker lahir di Marino Crescent, Clontarf, yang terletak di sebelah utara Dublin pada 8 November 1847. Putra dari Abraham Stoker dan Charlotte Mathilda Blake Thornley.

Saat kecil, Stoker lebih sering berbaring di tempat tidur karena menderita penyakit serius, yang membuatnya baru bersekolah di usia tujuh tahun.

Di 1864, Stoker mendaftar ke Universitas Dublin dan masuk ke Trinity College di mana dia belajar Matematika, dan lulus enam tahun kemudian.

Setelah menggamit gelar Master of Arts di Matematika pada 1875, dia menjadi auditor College Historical Society dan Presiden University Philosophical Society.

2. Awal Karir
Stoker kemudian bekerja sebagai pegawai negeri bagi Kastil Dublin. Selama bekerja, dia juga meluangkan waktunya sebagai penulis bagi koran lokal Dublin Evening Mail.

Saat itu, Stoker menjadi tertarik akan dunia teater melalui temannya Dr Maunsell, dan menjadi kritikus teater di Evening Mail.

Saat itu, profesi kritikus teater dianggap rendah. Meski begitu, Stoker berhasil mendapatkan perhatian berkat kualitas tinjauannya.

Di Desember 1876, dia memberikan tinjauan positif drama Hamlet yang dibawakan Sir Henry Irlandia di Teater Royal, Dublin.

Irving mengundang Stoker makan malam di tempatnya menginap Hotel Shelbourne. Sejak saat itu, keduanya menjadi teman baik.

Di masa itu Stoker mulai menulis cerita, dimulai dari The Crystal Cup yang diterbitkan London Society pada 1872 yang diikuti The Chain of Destiny dalam empat bagian.

Selama menjadi pegawai negeri, dia menulis cerita non-fiksi berjudul The Duties of Clerks of Petty Sessions in Ireland yang terbit pada 1879.


3. Teater Lyceum
Setelah 10 tahun mengabdi sebagai pegawai negeri, Stoker meninggalkan Kastil Dublin. Di akhir, Irving menawarkan sebuah pekerjaan.

Stoker mendapat tawaran menjadi acting manajer, dan kemudian manajer bisnis di Teater Lyceum. Jabatan yang diembannya selama 27 tahun berikutnya.

Sebagai manajer, tugasnya adalah menulis surat, kadang hingga 50 lembar per hari, untuk Irving, dan menemani sang aktor selama tampil di luar negeri.

Pada 1878, dia menikah dengan Florence Balcombe,seorang aktris berpotensi yang juga putri Letnan Kolonel James Balcombe.

Di 31 Desember 1879, mereka dianugerahi seorang putra yang diberi nama Irving Noel Thornley Stoker yang merupakan gabungan nama dari aktor Henry Irving dan ibunya.

Karena bekerja bagi Irving, Stoker banyak bersinggungan dengan masyarakat kelas atas di mana dia bertemu seniman Amerika Serikat James Abbott McNeill Whistler.

Selain itu, dia juga menjalin hubungan dengan penulis Sir Arthur Conan Doyle yang dikenal karena karya novel detektif Sherlock Holmes.

4. Lahirnya Dracula
Di 1890, Stoker berkunjung ke kota pesisir Whitby, di mana tempat itu menjadi bagian dari inspirasinya menulis novel tentang Drakula.

Selama bekerja di Lyceum, dia menulis sejumlah karya. Antara lain The Primrose Path, koleksi cerita pendek Under the Sunset dan novel The Snake's Pass.

Pada 1897, novel Dracula yang merupakan mahakaryanya lahir. Meski menuai kritikan positif, buku itu tidak terlalu populer hingga dia meninggal dunia.

Setelah itu, dia kembali menulis buku fiksi dan non-fiksi. Total sepanjang hidupnya, Stoker telah menulis sekitar 12 novel.

Selain Dracula, dia juga mengarang Miss Betty, The Mystery of the Sea, The Jewel of Seven Stars, hingga The Garden of Evil.

5. Kematian
Stoker menjabat sebagai manajer di Lyceum hingga Irving meninggal dunia di 1905. Tak lama setelah kematian Irving, Stoker menderita stroke.

Dia meninggal di St George's Square London pada 20 April 1912 dalam usia 64 tahun karena menderita kelelahan hingga sifilis.

Dia dikremasi, dan abunya disemayamkan di Krematorium Golders di utara London. Abu Irving Noel Stoker ditempatkan di sebelah ayahnya setelah dia meninggal di 1961.

https://internasional.kompas.com/read/2018/11/08/21031721/biografi-tokoh-dunia-bram-stoker-penulis-novel-horor-dracula

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke