Salin Artikel

"KDKA", Stasiun Radio Komersial Pertama di Dunia

KOMPAS.com - Radio merupakan saluran komunikasi yang biasanya menyiarkan informasi berupa berita, musik, film dan program khusus. Siaran dipancarkan dari pusat pemancar dengan siaran tunggal melalui transmisi ke berbagai radio penerima.

Keberadaan radio sudah ada sejak dari dulu semenjak penemu Italia Guglielmo Marconi memperkenalkan gelombang radio. Semenjak saat itu, teknologi radio mulai dikembangkan oleh beberapa pihak untuk kepentingan tertentu.

Sejak sekitar 1920 hingga 1945, radio berkembang menjadi media massa elektronik pertama, menguasai "gelombang udara" menyejajarkan kekuatannya, bersama dengan surat kabar, majalah, dan film, seluruh generasi budaya massa.

Pada era-era itu, banyak stasiun radio yang bermunculan untuk berusaha mengembangkan siarannya.

Salah satu pihak yang mengembangkan pemancaran radio adalah KDKA yang merupakan stasiun komersial.

Peningkatan pendengar

Sejak siaran perdana radio amatir tahun 1906, banyak penduduk Amerika Serikat yang menginginkan siaran yang lebih banyak. Haus akan informasi dan hiburan menjadikan radio menjadi elemen yang begitu penting kala itu.

Kecanggihan peralatan radio yang dan jumlah operator radio amatir berkembang tumbuh cepat. Salah satu operator radio adalah Frank Conrad.

Ketika Frank Conrad mulai mentransmisikan musik yang dimainkan dari piringan hitam, dia mendapat begitu banyak pertanyaan dan permintaan mengenai lagu tersebut.

Akhirnya, dia mulai memberikan pengumuman untuk menyiarkan jadwal lagu secara teratur. Banyaknya permintaan itu akhirnya direspons baik oleh Conrad. Stasiun radio KDKA akhirnya berdiri.

Stasiun ini muncul untuk mengurangi rasa haus pendengar radio kan lagu dan informasi yang berkembang ketika itu.

Bertempat di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat, stasiun ini mulai dikembangkan. Ketika itu Conrad mulai mentransmisikan musik ke berbagai radio.

Pada 27 Oktober 1920 mereka diberikan lisensi penyiaran AS pertama untuk mengoperasikan stasiun dengan nama panggilan KDKA.

Akhirnya, pada 2 November 1920 stasiun radio KDKA mulai mengudara kali pertama dan tercatat sebagai stasiun radio komersial pertama dunia. Siaran radio itu mengudara pada sore.

Keberhasilan siaran KDKA dan program musik yang dimulai setelahnya memotivasi pihak lain untuk memasang stasiun serupa, total delapan beroperasi di Amerika Serikat pada akhir 1921.

Terdapat dua alasan radio banyak diminati pada waktu itu. Dilansir dari Britannica, alasan pertama karena berkaitan dengan pendapatan yang masuk ke dalam perusahaan itu berkaitan dengan hasil siaran.

Kemudian yang kedua adalah semakin tenarnya perusahaan radio, maka akan banyaknya iklan yang masuk dalam radio itu.

Dalam perkembangannya, 564 stasiun penyiaran telah mendapat lisensi pada 1922. Bisnis radio mulai menjanjikan, banyak jasa yang menjual peralatan berkaitan dengan radio.

Informasi berkembang dengan cepat dan maksimal melalui sinyal radio di berbagai penjuru termasuk ke berbagai belahan dunia. Sampai saat ini, jaringan radio masih beroperasi dengan penggabungan beberapa stasiun radio di Amerika Serikat.

https://internasional.kompas.com/read/2018/11/02/14553151/kdka-stasiun-radio-komersial-pertama-di-dunia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke