Salin Artikel

PM Israel Puji Rencana Presiden Brasil Pindahkan Kedubes ke Yerusalem

AFP memberitakan Kamis (1/11/2018), Netanyahu mengucapkan selamat kepada Bolsonaro yang terpilih dalam pemilihan umum Minggu (28/10/2018).

"Rencananya untuk memindahkan Kedutaan Besar Brasil ke Yerusalem merupakan langkah yang benar, bersejarah, dan menyenangkan," ujar Netanyahu.

Sebelumnya, Bolsonaro yang dijuluki sebagai "Donald Trump-nya Brasil" tersebut mengungkapkan rencananya itu ketika berkampanye.

"Israel merupakan negara berdaulat. Negara kami harus memberikan penghormatan karenanya," ujar presiden terpilih berusia 63 tahun itu.

Brasil bakal menjadi negara besar kedua setelah Amerika Serikat (AS) yang memindahkan kedutaannya dari Tel Aviv ke Yerusalem setelah Bolsonaro dilantik 1 Januari 2019 mendatang.

Pada 6 Desember 2017, Trump mengumumkan pengakuannya bahwa Yerusalem merupakan ibu kota Israel, dan memindahkan kedubesnya Mei lalu.

Israel menduduki Yerusalem Timur dalam Perang Enam Hari 1967 dan mengklaimnya dalam operasi yang tak pernah diakui komunitas internasional.

Mereka mengklaim seluruh Yerusalem sebagai ibu kota mereka. Sedangkan Palestina memandang Yerusalem Timur sebagai ibu kota masa depan mereka.

Konsensus internasional memerintahkan status Yerusalem merupakan masalah yang harus dibicarakan oleh kedua negara.

Guatemala dan Paraguay mengikuti langkah AS memindahkan kedubes mereka ke Yerusalem. Namun, Paraguay berubah sikap dan mengembalikannya ke Tel Aviv.

https://internasional.kompas.com/read/2018/11/02/11394121/pm-israel-puji-rencana-presiden-brasil-pindahkan-kedubes-ke-yerusalem

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke