Salin Artikel

Pentagon Sarankan Taiwan Tingkatkan Anggaran Pertahanan

Disampaikan Wakil Asisten Menteri Pertahanan AS Urusan Keamanan Asia Pasifik, David Helvey dalam konferensi pers di Annapolis, Senin (29/10/2018), Taiwan harus memiliki sumber daya untuk memodernisasi militernya.

"Taiwan harus memiliki sumber daya, menyediakan material penting, penjagaan dan pelatihan penting untuk mencegah, bahkan jika perlu mengalahkan, ancaman invasi lintas selat," kata Helvey, dilansir SCMP.

Helvey mengatakan dengan gamblang, bahwa upaya pertahanan Taiwan saat ini akan menemui kegagalan, kecuali ada pertumbuhan dalam anggaran pertahanan. Demikian menurut transkrip pernyataan yang dirilis dalam konferensi industri pertahanan AS-Taiwan, pada Selasa (30/10/2018).

Pejabat itu juga menuduh China telah mencoba mengikis ruang diplomatik Taiwan di kancah internasional sambil terus meningkatkan frekuensi dan skala aktivitas Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) di wilayah Laut China Selatan.

Helvey menambahkan, Beijing telah meningkatkan kemampuan peralatan penyerangan canggihnya, termasuk pengebom jarak jauh.

Dia menyebut PLA telah berupaya mengakhiri era konflik militer nol di Selat Taiwan yang berlaku sejak 1949, ketika Partai Komunis China memenangkan perang sipil dan mendorong pemerintahan Nasionalis mengungsi ke pulau Taiwan.

Pernyataan Helvey muncul beberapa hari setelah Presiden China Xi Jinping melakukan kunjungan dan inspeksi di Provinsi Guangdong dan menyampaikan agar militernya bersiap untuk peperangan.

Menteri Pertahanan Wei Fenghe telah menyampaikan pada pekan lalu, tidak akan menyerahkan satu inci pun wilayah pulau ke Taiwan, yang dianggap masih bagian dari China dan tak ragu melakukan paksaan.

Antara AS dengan Taiwan telah disepakati dua paket perdagangan senjata ke pemerintahan pulau itu, yakni  sebesar 1,4 miliar dolar AS (sekitar Rp 21 triliun) pada Juni 2017 dan senilai 330 juta dolar (sekitar Rp 5 triliun) pada September lalu.

https://internasional.kompas.com/read/2018/10/31/20350741/pentagon-sarankan-taiwan-tingkatkan-anggaran-pertahanan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke