Salin Artikel

Pegawainya Takut Turis Asing, Taman di Jepang Rugi Rp 3 Miliar

Sebabnya seperti dilansir The Guardian Selasa (30/10/2018), si pegawai tersebut takut untuk menarik biaya masuk turis asing karena pernah diteriaki.

Pegawai yang tak disebutkan identitasnya itu berkata, dia sudah tidak lagi menarik uang tiket 200 yen (Rp 27.000) bagi pengunjung dewasa dan 50 yen (Rp 6.750) untuk anak-anak sejak April 2014.

Sebabnya beberapa tahun sebelumnya, dia mengaku diteriaki seorang pengunjung asing sehingga membuatnya merasa ketakutan.

"Saya tidak bisa berbicara bahasa asing. Jadi saya kaget dan sangat takut ketika pengunjung asing itu mulai berteriak," kata pegawai itu kepada Sora News 24.

Karyawan berusia 70-an yang kini telah pensiun itu lantas tidak lagi menarik biaya masuk setiap kali bertugas selama 2,5 tahun berikutnya.

Untuk menutupi perbuatannya, si pegawai meminta kepada rekannya yang bertanggung jawab di pusat data untuk tidak mencatat penjualan selama dia bertugas.

Aksinya baru ketahuan di Desember 2016 setelah seorang rekan melihat perbuatannya yang mencurigakan, dan segera memberi tahu manajemen.

Kementerian Lingkungan Jepang yang mengelola Taman Nasional Shinjuku Gyoen menuturkan karena perbuatan pegawai itu, ada 160.000 turis asing masuk tanpa tiket.

Alhasil, taman yang berlokasi di dekat kawasan gedung pencakar langit Shinjuku itu menderita kerugian hingga 25 juta yen, atau Rp 3,3 miliar.

Harian Sankei Shimbun melaporkan, manajemen memberi hukuman kepada pegawai tersebut dengan memotong sekitar 10 persen gajinya.

Kemudian setelah pensiun, pegawai itu menawarkan untuk menyerahkan setengah dari uang pensiun yang mencapai 300.000 yen, sekitar Rp 40,4 juta.

https://internasional.kompas.com/read/2018/10/30/15070611/pegawainya-takut-turis-asing-taman-di-jepang-rugi-rp-3-miliar

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.