Salin Artikel

Biografi Tokoh Dunia: James Cook, Pelaut Inggris yang Petakan Samudera Pasifik

Cook melakukan pelayaran menyusuri pantai Kanada serta menjalani tiga kali ekspedisi di Samudera Pasifik, mulai dari dataran es Antartika hingga Selat Bering, serta dari pantai Amerika Utara menuju Australia dan Selandia Baru.

James Cook juga berhasil melakukan pemetaan menyeluruh untuk garis pantai Selandia Baru.

Hasil pemetaan Samudera Pasifik dianggap yang pertama yang dianggap paling akurat dan telah digunakan untuk membantu banyak misi penjelajahan setelahnya.

James Cook lahir pada 27 Oktober 1728 (menurut penanggalan lama) di Marton, Yorkshire, Inggris. Cook adalah anak kedua dari delapan bersaudara. Ayahnya adalah seorang buruh tani asal Skotlandia.

Pada 1736, Cook ikut dengan keluarganya yang pindah ke Great Ayton. Di sana dia mulai bersekolah dengan dibiayai oleh majikan ayahnya.

Cook juga sempat ikut bekerja membantu sang ayah sebelum memutuskan untuk pindah saat berusia 16 tahun.

Dia pindah ke sebuah kampung nelayan. Pasa masa itulah Cook mulai berkenalan dan tertarik dengan dunia pelayaran.

Pada 1746, saat berusia 18 tahun, Cook bekerja pada seorang pemilik kapal terkenal, John Walker di Whitby.

Sebagai bagian dari pekerjaannya, Cook juga mempelajari aljabar, geometri, trigonometri, ilmu navigasi hingga astronomi.

Berbekal pengalamannya magang di Whitby, Cook mendaftar menjadi relawan untuk angkatan laut Inggris di usia 29 tahun.

Saat bergabung dengan angkatan laut Kerajaan Inggris, Cook ikut mengalami masa Perang Tujuh Tahun (1756-1763) antara Inggris dan Perancis.

Memulai Ekspedisi

Pada 1768, dia dipercaya memimpin misi ekspedisi ilmiah pertamanya ke Samudera Pasifik dan pada 1770, dengan kapal HMB Endeavour yang dipimpinnya, Cook telah memetakan garis pantai Selandia Baru dan Great Barrier Reef di Australia.

Pada 1772, Cook mendapat misi ekspedisi kedua yakni untuk menemukan daratan luas di selatan khatulistiwa yang disebut Terra Australis.

Para pakar pada masa itu meyakini adanya benua besar di selatan sebagai penyeimbang benua di bagian utara.

Ekspedisi kedua itu dilangsungkan selama tiga tahun hingga 1775 dengan melalui rute barat ke timur, yakni dari selatan Afrika menuju antartika dan bergerak ke timur kemudian memasuki Samudera Pasifik.

Hasil penjelajahan kedua ini membuktikan bahwa Terra Australis hanya sekadar mitos. Meski demikian Cook mampu memetakan wilayah Tonga dan Pulau Paskah selama musim dingin.

Ekspedisi kali ini juga membawa Cook menemukan Kaledonia Baru di Pasifik, Kepulauan Sandwich Selatan dan Pulau Georgia Selatan di Atlantik.

Setelah kembali ke Inggris pada 1775, James Cook akhirnya dipromosikan menjadi kapten dan terpilih untuk menjadi anggota dari Royal Society. Dia juga memperoleh penghargaan, Medali Emas Copley.

Cook menjalani ekspedisinya yang ketiga pada 1776. Kali ini dia mendapat misi untuk menemukan ada tidaknya jalur pelayaran di barat laut sekitar Kanada dan Alaska atau di timur laut sekitar Siberia, antara Atlantik dan Pasifik.

Kapten Cook memulai pelayaran pada Juli 1776 dengan menggunakan kapal Resolution dengan didampingi kapal Discovery.

Cook bersama tim ekspedisinya berangkat menuju Tahiti dan menuju utara mengikuti sepanjang pesisir barat Amerika utara dan menuju ke Selat Bering.

Pelayaran yang diharapkan banyak pihak bakal menemukan jalur yang telah lama dicari itu ternyata tetap tidak membuahkan hasil.

Ekspedisi pun berlayar kembali ke selatan dan Cook menemukan Hawaii. Dia sempat mendarat di Big Island.

Kematian James Cook

Selama berlabuh di Hawaii, terjadi konflik antara tim ekspedisi Cook dengan penduduk pribumi karena mencuri sebuah kapal layar.

Pada 14 Februari 1779, Cook dan sejumlah komandannya terbunuh dalam pertikaian di pantai di Kealakuekua, namun sisa tim ekspedisi lainnya dapat kembali ke Inggris dan mengabarkan kematian Cook.

Sebelum akhirnya tewas dalam tugas ekspedisi, Cook sempat menikah. Dia menikahi Elizabeth Batts pada 1762. Dari pernikahan mereka lahir enam orang anak, namun tiga di antaranya meninggal saat masih bayi.

Dua anak James Cook sempat mengikuti jejaknya dan bergabung dengan angkatan laut. Namun keduanya juga berakhir sama dan tewas pada 1794.

Semasa hidupnya, Cook tak hanya menjadi penjelajah dan menjawab sejumlah misteri dunia dengan ekspedisinya.

Selain itu Cook juga telah menetapkan standar ketelitian baru dalam penemuan dan pelayaran, dalam navigasi, kartografi, dan pengobatan di laut.

Dia juga mencatatkan cara berhubungan dengan masyarakat adat baik yang bersahabat maupun yang bermusuhan.

Dan yang pasti, ekspedisi yang dilakukan oleh James Cook dan timnya telah turut mengubah pemetaan dunia, lebih banyak dari penjelajah lainnya dalam sejarah.

https://internasional.kompas.com/read/2018/10/29/16213941/biografi-tokoh-dunia-james-cook-pelaut-inggris-yang-petakan-samudera

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke