Salin Artikel

Biografi Tokoh Dunia: Elizabeth Magie, Pencipta Permainan Monopoli

Charles Darrow selama ini dikenal sebagai sosok dibalik suksesnya permainan Monopoli. Dia disebut sebagai pria pengangguran di Philadelphia yang mencetuskan permainan itu pada 1930-an.

Kemudian, dia menjualnya kepada Parker Brothers dan mendapatkan pendapatan tinggi. Darrow selanjutnya menjadi pria kaya raya.

Namun, Monopoli bukan dimulai oleh Darrow, melain seorang perempuan bernama Elizabeth Magie. Dan kebenaran tersebut terungkap di pengadilan, meski Elizabetg Magie telah tiada.

Kehidupan awal

Lahir dan besar di Macomb, pinggiran Illinois, Amerika Serikat, pada 1866, ELizabeth "Lizzie" Magie dibesarkan dalam lingkungan keluarga dengan pemikiran ke depan tentang politik.

Ayahnya, James Magie, merupakan seorang pemimpin surat kabar yang menemani Abraham Lincoln berkeliling di Illinois pada 1850-an.

Saat itu, Lincoln harus menghadapi debat publik bersama dengan politisi AS Stephen Douglas.

James mengenalkan Lizzie dengan buah karya ekonom Henry George, sebuah buku berjudul Progress and Poverty yang dirilis pada 1879.

Buku itulah yang kelak membentuk keyakinan politiknya dan menginspirasinya membuat permainan papan.

Progress and Poverty sangat populer kala itu, terjual melampaui buku lainnya kecuali Alkitab pada 1890-an, dan terus memengaruhi kegiatan aktivis sayap kiri dan kebijakan.

Buku tersebut mengenalkan teori bahwa individu harus memiliki sendiri apa yang mereka buat atau ciptakan. Tapi apa saja yang ditemukan di alam, terutama lahan, seharusnya milik semua orang.

George mengajukan tentang pajak nilai tanah yang dikenal sebagai "single tax", yang menggeser beban pajak untuk tuan tanah.

Pajak ini kemudian dipakai untuk investasi pada layanan publik dan sosial, sehingga pemilik lahan akan menggunakan kepemilikannya secara bertanggung jawab dan kolektif.

Gerakan anti-monopoli menyediakan tempat bagi aktivis hak perempuan dan banyak kelompok penghapusan perbudakan, termasuk keluarga Magie.

Namun, dia terus mengasah kreativitas lainnya seperti berperan dalam teater, menggambar, menulis cerpen, dan bereksperimen dengan mesin.

Karena merasa sulit menyokong kehidupannya sendiri dengan gaji 10 dollar AS per minggu sebagai stenografer, Lizzie memasang sebuah iklan dirinya.

Dia menawarkan diri sebagai "budak perempuan muda Amerika" kepada penawar tertinggi.

Dalam iklan tersebut, dia memberi keterangan bahwa dia tidak cantik, tapi sangat menarik.

Tujuan di balik aksi itu ternyata untuk membuat pernyataan tentang posisi perempuan yang suram.

"Kami bukan mesin. Perempuan memiliki pemikiran, keinginan, harapan, dan ambisi," katanya.

Pergantian abad menyingsing, Lizzie memutuskan untuk pergi ke Washington DC. Tidak seperti perempuan pada eranya, dia memilih tidak menikah sampai usia 44 tahun.

Lizzie menghabiskan waktu luangnya menciptakan permainan papan yang merupakan ekspresi dari keyakinan politiknya yang selama ini dia pegang teguh.

Itu terjadi lebih dari 20 tahun sebelum Parker Brothers memproduksi permainan Monopoli.

Peraturan

Ada dua perangkat aturan dalam permainan papan seperti sebuah sirkuit dengan jalanan dan tanda dijual itu.

Yang pertama, set anti-monopoli, di mana semua akan mendapat hadiah ketika kekayaan berhasil diciptakan.

Kemudian yang kedua set monopoli. Pada babak ini tujuan dari permainan adalah membentuk monopoli dan mendominasi lawan.

Pendekatan itu merupakan alat pengajaran bahwa seperangkat aturan pertama secara moral lebih unggul.

"Ini adalah demonstrasi praktis dari sistem perebutan lahan saat ini, dengan semua hasil dan konsekuensinya yang biasanya," tulis Lizzie.

Dia tidak pernah mencari keternaran atau keuntungan atas permainan yang dibuatnya, yang selanjutnya menjadi terkenal di kalangan intelektual saya kiri.

Berbagai adaptasi dari permainannya terus berkembang, termasuk oleh Charles Darrow yang meluncurkan ulang papan permainan sederhana bernama Monopoli.

Butuh waktu untuk mengetahui kebenaran bahwa dirinya merupakan penemu permainan Monopoli.

Pada 1973, Ralph Anspach dituntut oleh Parker Brothers karena menciptakan permainan Anti-Monopoli.

Menjawab pertanyaan itu di pengadilan, nama Elizabeth Magie disebutkan dan kisahnya terus menyebar sejak itu.

Kematian

Pada 1910, Lizzie mengakhiri tahun-tahun hidupnya sebagai perempuan lajang dengan menikah dengan Albert Phillips.

Sebagai janda tanpa anak, dia meninggal pada 1948 di Staunton, Virginia. Dia dimakamkan disamping suaminya, di Columbia Gardes Cemetery, Arlington, Virginia.

https://internasional.kompas.com/read/2018/10/26/16314321/biografi-tokoh-dunia-elizabeth-magie-pencipta-permainan-monopoli

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke