Salin Artikel

Otoritas Israel Tangkap Seorang Pejabat Palestina di Yerusalem

Disampaikan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), Adnan Gheith, yang menjabat sebagai gubernur Palestina di Yerusalem ditangkap saat berada di lingkungan Beit Hanina, Yerusalem Timur.

Pada Minggu (21/10/2018), Gheith dibawa ke pengadilan militer Israel di Ofer, di mana dia akan ditahan sebelum dihadirkan dalam sidang yang rencananya akan digelar dalam empat hari mendatang.

"Penangkapan ini adalah langkah terbaru yang dilakukan terhadap kehadiran Palestina di Yerusalem," kata Sekretaris Jenderal PLO, Saeb Erekat, dilansir AFP.

Erekat menambahkan, penangkapan tersebut juga menjadi pelanggaran terhadap ketentuan yang dibuat Israel terkait institusi Palestina di kota Yerusalem.

"Ancaman dan penahanan terhadap pemimpin politik dan masyarakat Palestina, termasuk yang dialami Gubernur Gheith, seharusnya hanya diambil sebagai bagian dari rencana Israel untuk menghilangkan landasan solusi politik berdasarkan perbatasan dua negara di 1967," kata Erekat dalam pernyataannya.

Pihak otoritas Israel belum berkomentar mengenai penangkapan tersebut. Namun juru bicara kepolisian Israel, Micky Rosenfeld mengatakan, dua orang telah ditangkap.

Juru bicara tersebut tidak mengungkapkan identitas kedua orang yang telah ditahan dan hanya menyebut sedang ada penyelidikan yang dilakukan.

Israel telah menduduki wilayah Yerusalem timur bersama dengan Tepi Barat dalam Perang Enam Hari tahun 1967, sebelum kemudian mendeklarasikan seluruh kota sebagai ibu kota.

Sementara Palestina mengklaim wilayah timur Arab yang dominan sebagai ibu kota negara Palestina di masa depan.

https://internasional.kompas.com/read/2018/10/21/20402521/otoritas-israel-tangkap-seorang-pejabat-palestina-di-yerusalem

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke