Salin Artikel

Saudi Pastikan Penyebab Kematian Khashoggi, Begini Reaksi Trump

Melansir Sky News, Sabtu (10/10/2018), Khashoggi hilang pad2 Oktober lalu, saat berkunjung ke konsulat Saudi di Turki untuk mengurus surat pernikahan.

Setelah lebih dari dua pekan ditekan oleh komunitas internasional, Saudi akhirnya mengakui Khashoggi tewas di gedung konsulat.

Namun dijelaskan, penyebab kematian pria tersebut karena perkelahian dengan orang lain di dalam konsulat.

Trump mengapresiasi langkah otoritas Saudi yang menahan 18 orang terkait kasus itu.

"Saya yakin. Saya yakin," ucapnya ketika ditanya mengenai keyakinannya soal penjelasan Saudi terkait kematian Khashoggi.

"Sekali lagi. Ini masih awal. Kami belum menyelesaikan tinjauan kami, investigasi kami. Tapi saya rasa ini langkah pertama yang penting," katanya, seperti dikutip dari CNN.

Sekretaris Pers Gedung Putih Sarah Sanders menyatakan tewasnya Khashoggi merupakan insiden tragis.

"AS mengakui pernyataan Kerajaan Arab Saudi mengenai penyelidikan nasib Jamal Khashoggi yang sedang dilakukan dan telah mengambil tindakan terhadap para pelaku, yang sudah diidentifikasi sejauh ini," katanya.

Sementara itu, anggota Kongres AS justru menyampaikan reaksi yang lebih keras menanggapi klaim dari Saudi atas kematian Khashoggi.

Skeptis

Senator Lindsey Graham, sekutu dekat Trump, meragukan kredibilitas pemerintah Saudi yang sebelumnya bersikeras menyatakan jurnalis tersebut telah meninggalkan gedung konsulat.

"Saya skeptis terhadap narasi Saudi yang terbaru mengenai Khashoggi," kicaunya, seperti diwartakan AFP.

"The Global Magnitsky Act tidak memiliki pengecualian untuk ketidaksengajaan. Bahkan jika Khashoggi meninggal karena perkelahian, itu bukan alasan untuk pembunuhannya," kicaunya.

"Ini masih jauh dari akhir dan kita perlu mempertahankan tekanan internasional," imbuhnya.

Khashoggi merupakan mantan orang dalam yang berubah menjadi pengkritik kebijakan Saudi di bawah kendali Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman.

Dia menulis opini untuk The Washington Post. Sejak berkunjung ke konsulat di Istanbul guna mengurus dokumen pernikahan, dia tak pernah kembali.

https://internasional.kompas.com/read/2018/10/20/09204171/saudi-pastikan-penyebab-kematian-khashoggi-begini-reaksi-trump

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.