Salin Artikel

Kanada Bakal Ampuni Terpidana Kasus Kepemilikan Ganja

Langkah tersebut diambil menyusul legalisasi ganja dengan tujuan rekreasional yang mulai diberlakukan pada Rabu (17/10/2018).

Namun demikian, pengampunan hanya akan diberikan kepada terpidana untuk kasus kepemilikan ganja di bawah 30 gram, sesuai batas yang diperbolehkan.

"Pemerintah akan bergerak cepat untuk memberikan pengampunan kepada terpidana warga Kanada dengan kejahatan kepemilikan ganja di bawah 30 gram," kata seorang pejabat senior yang tak ingin disebut identitasnya, dikutip The Star.

Mengenai rincian tentang bagaimana terpidana dapat mengajukan permohonan untuk pengampunan oleh negara akan diumumkan dalam waktu dekat.

"Kami akan memberikan kepastian mengenai persyaratan tentang bagaimana ini dijalankan, langkah-langkah yang kami ambil, berapa lama waktu dibutuhkan mereka, kami akan menjelaskannya dalam beberapa hari atau pekan ke depan," tambah pejabat itu.

Kanada resmi melegalkan dan mengatur penjualan serta penggunaan ganja untuk tujuan rekreasional mulai Rabu (17/10/2018) dan menjadi negara kedua di dunia yang melegalkan ganja setelah Uruguay.

Kanada sebenarnya telah melegalkan ganja untuk medis sejak 2001. Namun Perdana Menteri Justin Trudeau mengajukan proposal agar legalisasi ditambahkan untuk ganja rekreasional.

Menurut regulasi baru tersebut, warga Kanada yang telah berusia 18 tahun akan diizinkan untuk membeli hingga 30 gram ganja. Selain itu setiap rumah tangga boleh menanam hingga empat pohon ganja.

Sedangkan untuk bentuk turunannya, seperti makanan yang memakai bahan ganja, baru akan dilegalkan tahun depan.

Trudeau mengatakan legalisasi ganja dilakukan dengan alasan agar dapat mengatur penggunannya.

"Kami melegalkan ganja bukan karena kami pikir itu baik untuk kesehatan. Kami melakukan ini karena kami tahu itu tidak baik untuk anak-anak kita," kata Trudeau.

"Kami tahun kita harus bekerja dengan lebih baik untuk melindungi anak-anak kita dan menghilangkan atau mengurangi secara besar-besaran keuntungan yang didapat kelompok penjahat," tambahnya.

https://internasional.kompas.com/read/2018/10/17/19022411/kanada-bakal-ampuni-terpidana-kasus-kepemilikan-ganja

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke