Salin Artikel

Kuburan Massal Berisi 75 Jenazah Ditemukan di Libya

Disampaikan juru bicara dewan kota Sirte, Mohamad al-Amial, kuburan massal itu ditemukan di kawasan pertanian Al-Daheir di wilayah barat kota.

"Sebanyak 75 jenazah yang telah membusuk ditemukan di dalam kuburan," kata al-Amial kepada AFP, Rabu (10/10/2018).

"Pembongkaran kuburan massal telah dilakukan dengan disaksikan oleh jaksa penuntut umum, pasukan keamanan kota Sirte dan organisasi Bulan Sabit Merah," tambahnya.

Menurut al-Amial, penemuan kuburan massal tersebut telah dilakukan beberapa hari lalu dan diyakini puluhan jenazah yang berada di dalamnya merupakan anggota dari kelompok ISIS. Namun demikian, tidak ada konfirmasi atas pernyataan tersebut.

Kelompok ISIS telah menyerbu Kota Sirte di Libya, sekitar 600 kilometer arah timur Tripoli, pada Juni 2015.

Pasukan pemerintah bersatu yang didukung PBB telah berhasil mengusir ISIS dari kota di pesisir pantai tersebut pada Desember 2016, setelah melalui pertempuran mematikan selama delapan bulan.

Sisa-sisa dari kelompok ISIS di Libya telah mundur ke pos-pos yang ada di gurun.

Meski telah terusir dari Libya, sisa sel-sel ISIS telah mengklaim sejumlah serangan di negara itu, salah satunya serangan bunuh diri September lalu di markas besar perusahaan minyak nasional di Tripoli yang menewaskan dua orang.

ISIS juga mengklaim bertanggung jawab atas serangan pada Mei lalu yang menargetkan komisi pemilihan negara dan menewaskan 14 orang.

ISIS dianggap telah mengambil keuntungan dari kekerasan yang terjadi di Libya setelah penggulingan diktator Moamer Gadhafi oleh pasukan NATO pada 2011.

.

.

https://internasional.kompas.com/read/2018/10/10/22113601/kuburan-massal-berisi-75-jenazah-ditemukan-di-libya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke