Salin Artikel

Bus Terbalik di Kenya, 50 Penumpang Dilaporkan Tewas

Melansir dari AFP, bus nahas tersebut sedang dalam perjalanan dari Nairobi menuju ke kota Kakamega. Diduga sopir bus kehilangan kendali saat kendaraan melewati jalan yang menurun.

Bus berwarna merah tersebut kemudian menghantam pagar pembatas sebelum kemudian terguling dan terbalik hingga bagian atap bus terlepas.

Ada sedikit perbedaan data jumlah korban yang disampaikan otoritas berwenang. Kepala Kepolisian Kenya Joseph Boinner kepada radio Capital FM, mengatakan jumlah korban meninggal mencapai 51 orang.

Namun disampaikan Komandan Polisi Wilayah Kericho, James Mugera menyampaikan korban jiwa sebanyak 50 orang.

"Korban tewas termasuk 31 penumpang pria, 12 penumpang wanita dan tujuh anak-anak. Sementara ada sekitar 10 orang lainnya yang dilarikan ke rumah sakit dengan luka serius," kata dia.

Petugas menyampaikan bus yang mengalami kecelakaan tersebut berkapasitas 52 orang. Insiden itu kini masih dalam penyelidikan petugas.

Sementara ucapan belasungkawa turut disampaikan Presiden Kenya Uhuru Kenyatta melalui akun resmi Twitter-nya.

"Saya menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada keluarga korban kecelakaan tragis yang terjadi di Kericho pagi ini. Dan saya berharap mereka yang dirawat di rumah sakit dapat segera pulih," tulis presiden.

Presiden Kenyatta juga mengingatkan kepada para pengguna jalan agar dapat lebih berhati-hati dalam mengemudi demi menghindari insiden yang tidak diinginkan.

Di Kenya, kecelakaan lalu lintas yang menimbulkan korban jiwa masih kerap terjadi, dengan statistik resmi menunjukkan sekitar 3.000 orang meninggal setiap tahunnya akibat kecelakaan di jalan Kenya.

Namun data Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan angka tersebut dapat mencapai hingga 12.000 korban jiwa.

Pada Desember 2017, sebuah kecelakaan parah yang melibatkan bus dan truk di Kenya telah menewaskan setidaknya 36 orang.

Sedangkan setahun sebelumnya, sempat terjadi kecelakaan yang menewaskan lebih dari 40 orang akibat truk tangki bahan bakar yang menabrak kendaraan lain dan kemudian meledak di tengah jalan raya yang padat.

.

.

https://internasional.kompas.com/read/2018/10/10/19002341/bus-terbalik-di-kenya-50-penumpang-dilaporkan-tewas

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke