Salin Artikel

Rusia Tuduh AS Lakukan Uji Coba Senjata Biologis di Laboratorium Rahasia

Klaim Kementerian Pertahanan Rusia itu disampaikan di tengah tuduhan negara-negara Barat yang menyebut Moskwa sebagai dalang serangkaian serangan siber di sejumlah negara, termasuk meretas jaringan milik Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) yang bermarkas di Den Haag, Belanda.

Komandan Pasukan Perlindungan Radiasi, Kimia dan Biologis Rusia, Igor Kirillov menyebut laboratorium rahasia AS yang digunakan untuk uji coba senjata biologis berada di organisasi Lugar Center yang ada di dekat ibu kota Georgia, Tbilisi.

"Sangat mungkin bahwa AS melakukan aktivitas yang bertentangan dengan perjanjian internasional dan terus meningkatkan potensi senjata perang biologisnya," kata Kirillov, Kamis (4/10/2018).

Lugar Center, sebuah organisasi nonprofit yang didanai AS dibuka di Georgia pada 2011 dan telah memiliki gedung baru berlantai delapan yang belum lama ini selesai dibangun.

Dua lantai di gedung baru tersebut ditempati tentara angkatan darat AS dan sebuah laboratorium yang menangani pasien dengan infeksi penyakit berbahaya.

Otoritas Georgia tidak memiliki akses ke laboratorium tersebut, sementara pakar biologi militer AS mendapat kekebalan diplomatik.

Kirillov mengaku mendapatkan informasi mengenai hal itu dari mantan menteri keamanan Georgia, Igor Giorgadze.

"Penelitian yang dilakukan AS diprioritaskan pada senjata potensial untuk perang biologis seperti tularaemia, antraks, demam mediterania, demam berdarah Kongo-Krimea dan penyakit lain yang disebarkan serangga pengisap darah," kata Kirillov.

Ditambahkannya, penelitian AS secara khusus tertarik pada wabah-wabah tak biasa, bahkan semakin tak biasa dianggap semakin baik.

Sementara disampaikan Kementerian Kesehatan Georgia, tuduhan dan klaim yang dikatakan Rusia sepenuhnya tidak benar dan tidak masuk akal.

"Kami telah berulang kali menyampaikan bahwa tidak ada hal semacam itu di sini," kata perwakilan kementerian dilansir AFP.

.

.

https://internasional.kompas.com/read/2018/10/05/15021561/rusia-tuduh-as-lakukan-uji-coba-senjata-biologis-di-laboratorium

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke