Salin Artikel

Qatar Siap Pasok Bahan Bakar untuk Pembangkit Listrik di Jalur Gaza

Hal tersebut menyusul kesepakatan yang dicapai oleh Doha untuk membantu meningkatkan kualitas hidup warga Palestina yang tinggal di wilayah kantong tersebut.

Saat ini, warga di Gaza hanya mendapatkan akses listrik selama sekitar empat jam sehari dan dengan tambahan bahan bakar dari Qatar, maka pasoka listrik dapat ditingkatkan menjadi delapan jam perhari.

Demikian dilaporkan surat kabar Haaretz dilansir The New Arab, Kamis (4/10/2018).

Penambahan pasokan bahan bakar ke pembangkit listrik yang akan meningkatkan besaran listrik untuk wilayah Gaza tersebut akan dimulai dalam beberapa hari mendatang.

Diharapkan penambahan tersebut dapat membantu warga Palestina yang sedang terpukul oleh kebijakan pemangkasan energi oleh Israel.

Pemangkasan pasokan energi ke Gaza telah berdampak pada pemberian layanan seperti rumah sakit, perumahan, sekolah hingga kegiatan bisnis.

PBB telah memperingatkan pada Januari lalu, pemangkasan pasokan listrik dapat menyebabkan keruntuhan total terhadap layanan dasar di Gaza.

Pembatasan pasokan listrik di Gaza turut dipengaruhi persaingan politik antara otoritas Palestina di Ramallah dengan kelompok Hamas yang mengendalikan Gaza.

Pemerintahan Hamas yang berpusat di Tepi Barat telah memotong pembayaran bahan bakar ke Israel.

Pemerintah Mesir dan Israel juga telah melancarkan blokade terhadap wilayah Gaza selama bertahun-tahun untuk memaksa Hamas menyerahkan kekuasaan.

Akibatnya banyak warga Gaza yang memilih menyelundupkan bahan-bahan pokok melalui terowongan yang dibangun di bawah tanah dan tembus ke Mesir.

Terowongan tersebut kerap menjadi sasaran untuk dihancurkan oleh tentara Kairo maupun Israel.

Blokade juga berdampak pada perekonomian dan memancing kemarahan warga Palestina di Gaza yang melakukan aksi demonstrasi di perbatasan.

Demonstrasi damai di perbatazan Gaza dengan Israel yang dimulai sejak Maret tersebut telah menyebabkan hampir 200 demonstran Palestina meninggal dunia akibat tembakan yang dilepaskan tentara Israel.

.

.

.

https://internasional.kompas.com/read/2018/10/04/21343251/qatar-siap-pasok-bahan-bakar-untuk-pembangkit-listrik-di-jalur-gaza

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke