Salin Artikel

Putra Bungsu Pemimpin ISIS Dikabarkan Tewas di Suriah

Kabar ini muncul beberapa bulan setelah ISIS mengabarkan, satu dari lima anak Al-Baghdadi tewas ketika ISIS menyerang sebuah pembangkit listrik tenaga panas Bumi di Suriah.

Klaim yang dirilis pada Minggu (30/9/2018) itu disampaikan Jabbar al-Ma'mori, seorang komandan pasukan paramiliter Tentara Mobilisasi Rakyat.

"Kami menerima informasi bahwa putra bungsu pemimpin ISIS tewas dalam serangan udara yang dilakukan Rusia di sebuah desa Suriah dua hari lalu," ujar Jabbar kepada harian Baghdad Today.

Namun, Jabbar sama sekali tidak menyebutkan nama atau usia putra bungsi Abu Bakr al-Baghdadi tersebut.

Pada Juli lalu, ISIS menyebut salah satu putra Al-Baghdadi, Hudhayfah al-Badri tewas saat ISIS menggelar serangan ke sebuah pusat pembangkit listrik di Homs, Suria.

"Al-Badri tewas dalam operasi melawan Nussayriyyah dan Rusia," demikian pernyataan ISIS yang juga menampilkan foto Al-Badri yang tengah memegang senapan serbu.

Nussayriyyah adalah istilah yang digunakan ISIS untuk menyebut kelompok minoritas Alawite, sekte Presiden Bashar al-Assad.

Pada 2014, ISIS memproklamasikan berdirinya sebuah kekalifahan di Suriah dan Irak ketika sukses menduduki sepertiga wilayah kedua negara tersebut.

Namun, ketika pasukan Irak dan Suriah melakukan serangan balik ditambah intervensi AS dan Rusia, dengan cepat ISIS kehilangan wilayah dan kini terpojok di beberapa lokasi kecil saja.

Sedangkan sang pemimpin Abu Bakr al-Baghdadi, yang beberapa kali disebut telah tewas, diyakini masih hidup dan bersembunyi di beberapa tempat.

Kabar terakhir menyebut Al-Baghdadi kini berada di Afghanistan setelah sukses melewati perbatasan dan sempat masuk ke wilayah Iran.

...

https://internasional.kompas.com/read/2018/10/03/19354271/putra-bungsu-pemimpin-isis-dikabarkan-tewas-di-suriah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke