Salin Artikel

Biografi Tokoh Dunia: Yip Man, Master Wing Chun Pelatih Bruce Lee

KOMPAS.com - Tak diragukan lagi, Bruce Lee memang sosok aktor laga yang dikenang sepanjang masa.

Keahliannya dalam seni bela diri membuatny dia sukses di dunia perfilman. Dibalik itu semua, ada seorang pria bernama Yip Man atau kerap disebut Ip Man.

Dia merupakan master seni bela diri aliran Wing Chun. Bruce Lee menjadi salah satu muridnya, yang berhasil melegenda.

Lalu, seperti apa perjalanan hidup Yip Man hingga dapat mampu mengolah kemampuan Bruce Lee?

Awal kehidupan

Pada 1 Oktorber 1893, Yip Man lahir di Foshan, provinsi Guangdong, China. Dia lahir dari keluarga kaya dan berpengaruh, yang memiliki pertanian.

Yip Man merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Nama orangtuanya adalah Ip Oi Dor dan Ng Shui.

Dia tumbuh sebagai anak yang cerdas dan terdidik dengan baik karena status keluarganya.

Pada usia 11 tahun, dia mulai tertarik dengan Wing Chung, setelah menyaksikan kelas seni bela diri yang diajarkan oleh master Chan Wah Shun di kuil milik keluarganya.

Sebagai informasi, Wing Chung merupakan bentuk seni bela diri unik dengan spesialisasi pada pertarungan jarak dekat, pukulan cepat, dan tendangan pertahanan serta ketangkasan gerak kaki.

Di usia 12 tahun, Man mempelajari seni bela diri yang dikembangkan di China selatan lebih dari 300 tahun lalu.

Awalnya, Chan Wah Shun mengira anak lelaki itu bercanda sehingga dia memintanya untuk membayar jumlah besar untuk ikut kelas Wing Chung.

Namun, jawaban Wan justru mengejutkan Wah Shun. Ternyata, Wan telah mengumpulkan uang tersebut dari beberapa waktu sebelumnya untuk bisa bergabung kelas Wing Chung.

Bagaimana pun juga, Wan akhirnya belajar seni bela diri selama tiga tahun yang singkat, sebelum Wah Shun wafat.

Belum sempurna

Pada usia 15 tahun, Man pindah ke Hong Kong. Dua menempuh pendidikan di St Stephen's College. Selama berada di Hong Kong, dia juga melanjutkan latihan bela diri.

Selama menghabiskan waktunya di sana, dia pernah menaklukan seorang polisi yang bertengkar dengan seorang perempuan, dengan menggunakan gerakan seni bela diri.

Seseorang memberi tahu perbuatan Wan kepada seorang pria, yang kemudian menantangnya untuk menunjukkan keterampilan seni bela dirinya.

Setelah melihat kemampuan Man yang belum sempurna, pria tersebut mengungkapkan dirinya merupakan Leung Bik, guru dari Wah Shun.

Sejak itu, Yip Man berada di bawah pengawasan Leung Bik. Namun, pendidikan justru berada dalam titik kritis ketika berkarier di Wing Chun.

Pada 1917, dia kembali ke Foshan, China, untuk menjadi seorang petugas polisi. Dia juga mengajar Wing Chun secara privat.

Dia menikah dengan Cheung Wing Sing dan dikaruniai dua putra, yang selanjutnya akan meneruskan karya sang ayah di seni bela diri Wing Chun.

Setelah perang, dia direkrut sebagai petugas polisi saat China berupaya untuk bangkit. Lagi-lagi, dia tetap mengajar Wing Chun di sela-sela waktunya.

Pada 1949, setelah perang saudara, politik berubah dan Partai Komunis China berkuasa. Sebagai seorang polisi yang dipekerjakan oleh Partai Nasionalis, dia terancam ditangkap oleh pejabat partai komunis.

Dia melarikan diri ke Hong Kong dan membuka fasilitas pelatihan seni bela diri Wing Chun untuk umum.

Muridnya yang terkenal adalah Bruce Lee. Pria itu mendatangi Yip Man pada 1953. Saat itu, usia Lee baru menginjak 13 tahun dan kelak menjadi sahabat seumur hidup.

Awalnya, bisnis latihan bela dirinya tidak seberuntung karier Lee. Namun, peran Lee di film The Green Hornet membawa ketenaran dan kesejahteraan pada Yip Man.

Dia membuka pusat pelatihan yang lebih besar sehingga berkembang dan menjadi terkenal.

Jumlah murid yang berlatih semakin bertambah dan kekayaan semakin berlimpah. Kemudian, dia memutuskan untuk mendirikan Vin Tsun Atheltic Association pada 1967.

Di usia 77 tahun, Yip Wan pensiun dari mengajar seni bela diri namun tak pernah berhenti mempraktikannya. Sementara, anaknya menggantikan posisinya mengajar Wing Chun.

Kematian dan penghormatan

Yip Man meninggal dunia karena komplikasi akibat kanker pada 2 Desember 1972 di Hong Kong.

Enam pekan sebelum wafat, dia meminta anaknya dan seorang murid untuk merekamnya melakukan gerakan Wing Chun. Video itu tersimpan dengan baik hingga kini dan dapat dilihat di YouTube.

Beberapa film yang terinspirasi atas perannya dalam seni bela diri telah dirilis, termasuk The Legend is Born: IP Man, The Grandmaster, dan IP Man: The Final Fight.

https://internasional.kompas.com/read/2018/10/01/16365941/biografi-tokoh-dunia-yip-man-master-wing-chun-pelatih-bruce-lee

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke