Salin Artikel

Serangan Roket Sambut Kedatangan Presiden Afghanistan ke Kota Ghazni

Taliban mengaku bertanggung jawab atas serangan roket tersebut, yang dilancarkan beberapa pekan setelah aksi penyerangan ke ibu kota provinsi dan menewaskan ratusan orang.

"Tidak ada korban jiwa maupun luka akibat tiga serangan roket kali ini," kata kepala kepolisian provinsi, Ramazan Ali Mohseni kepada AFP.

Salah satu serangan roket jatuh sekitar 200 meter dari kantor gubernur Ghazni, di mana digelar pertemuan antara Presiden Ghani dengan para pejabat keamanan, pemimpin agama dan anggota masyarakat sipil.

Juru bicara presiden, Haroon Chakhansuri mengatakan, insiden serangan roket tersebut tidak perlu dibesar-besarkan dan terjadi jauh dari lokasi pertemuan.

Chakhansuri yang ada bersama presiden saat serangan terjadi, mengaku mendengar salah satu ledakan dari serangan roket yang disebutnya menghantam kawasan di pinggiran kota.

Kunjungan itu adalah yang kedua dilakukan Presiden Ghani ke kota Ghazni sejak serangan Taliban ke kota itu pada awal Agustus lalu.

Serangan pada Agustus tersebut berlangsung selama beberapa hari dan menewaskan setidaknya 200 warga sipil, menurut laporan PBB.

Para pengamat menilai serangan tersebut menjadi kemenangan bagi Taliban terhadap pemerintah secara militer maupun psikologis.

Beberapa hari setelahnya, beberapa mortir kembali ditembakkan dan jatuh di Kabul, dekat dengan istana kepresidenan, saat Presiden Ghani menyampaikan pidato di hari Idul Adha.

Taliban mendapat sejumlah keuntungan dalam peperangan yang terjadi beberapa bulan terakhir, di tengah upaya meningkatkan desakan Afghanistan dan masyarakat internasional dalam upaya pembahasan kesepakatan damai.

https://internasional.kompas.com/read/2018/09/27/22221901/serangan-roket-sambut-kedatangan-presiden-afghanistan-ke-kota-ghazni

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke