Salin Artikel

Kisah Remaja Terjebak di Goa: Penyelam Ungkap Ada Penyelamatan Lain

Kabar terperangkapnya 12 pemain dan seorang pelatih tim bola Mu Pa (Wild Boar) di goa Tham Luang pada 23 Juni menjadi perhatian dunia.

Pemerintah Thailand melaksanakan operasi yang melibatkan penyelam dan relawan dari seluruh dunia. Di antaranya adalah Rick Stanton dan John Volanthen.

Mereka berhasil menemukan ke-12 remaja dan pelatih yang bernama Ekapol Chanthawong setelah melaksanakan pencarian selama sembilan hari.

Namun, dilansir AFP Rabu (26/9/2018), mereka sempat mengeluarkan empat orang dewasa yang terjebak di Tham Luang beberapa hari sebelumnya.

Berbicara dalam acara komunitas goa "Hidden Earth", Stanton berkata dia dan Volanthen sempat menemukan keempat orang pada 28 Juni.

Keempatnya adalah pekerja sebuah perusahaan air. Tanpa sepengetahuan tim penyelamat, ternyata mereka berinisiatif mencari tim Mu Pa sendiri.

Empat orang itu terjebak selama 24 jam dan kondisinya mengkhawatirkan. Sebab, permukaan air yang bercampur lumpur semakin tinggi.

Sementara itu, dua penyelam tersebut tidak membawa perlengkapan yang dibutuhkan. Mereka kemudian mencari cara untuk mengeluarkan pekerja tersebut.

Keduanya mencari ruang di goa yang kering. Kemudian, salah satu melepas tabung oksigennya, dan yang lain membawa tabung itu untuk menyelamatkan pekerja tersebut.

Upaya itu bukan tanpa ancaman. Baik Volanthen dan Stanton dihadapkan pada kemungkinan jika daerah kering itu tiba-tiba bakal terendam banjir.

Selain itu, dilaporkan pula bahwa tabung oksigen sempat mengalami masalah. Untungnya, keempat pekerja itu berhasil keluar dan tidak mengalami cedera serius.

Rincian operasi penyelamatan tersebut tak diungkapkan lebih lanjut. Ketua Asosiasi Penyelam Goa Les Williams menyebut kisah itu merupakan yang terbaik selama proses penyelamatan.

Operasi mengeluarkan 13 anggota Mu Pa itu dilakukan pada 8 Juli di mana tim penyelamat dari seluruh dunia sukses mengangkat empat remaja.

Empat anggota lain dikeluarkan pada 9 Juli dan sisanya selamat sehari berselang (10/7/2018). Sayangnya, dalam operasi itu seorang penyelam tewas.

Penyelam bernama Saman Kunan tewas tatkala berusaha mengalirkan oksigen ke para penyelam yang berada di ruangan tempat tim bola itu terperangkap.

https://internasional.kompas.com/read/2018/09/26/17163151/kisah-remaja-terjebak-di-goa-penyelam-ungkap-ada-penyelamatan-lain

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke