Salin Artikel

ISIS Rilis Video Tiga Pria yang Diklaim Serang Parade Militer Iran

Melansir Al Arabiya pada Senin (24/9/2018), dua pria dalam video tersebut terdengar berbicara bahasa Arab, sementara pria ketiga berbicara bahasa Persia.

Amaq melaporkan, video tersebut diperoleh dan dirilis pada Minggu (23/9/2018), sehari setelah parade militer di kota Ahvaz diserang oleh empat orang hingga menewaskan 29 orang dan melukai 70 orang lainnya.

CNN mewartakan, dalam video yang diunggah memperlihatkan tiga pria tersebut mengenakan sergam militer. Mereka berbicara di depan kamera di dalam sebuah kendaraan.

Namun, tak ada satu pun dari mereka yang secara langsung menyebutkan serangan di Ahvaz, atau mereka bertindak atas nama ISIS.

Seperti diketahui, ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut, namun belum menyodorkan bukti untuk mendukung pengakuan itu.

"Saya akan mati," kata seorang pria yang berbicara dengan bahasa Persia.

"Kami akan menghancurkan mereka dengan serangan kuat dan gerilya," imbuhnya, seperti dikutip dari Haaretz.

Sementara itu, Presiden Iran Hassan Rouhani menyalahkan pihak asing yang didukung oleh Amerika Serikat atas serangan tersebut.

Korps Pengawal Revolusi Islam di Iran menyebut, penyerang memiliki afiliasi dengan kelompok teroris yang didukung oleh Arab Saudi. Namun, sejauh ini pejabat Saudi belum merespons tuduhan itu.

Juru bicara militer Iran menyatakan penyerang telah dilatih oleh dua negara Teluk Persia dan berkaitan dengan Israel dan AS.

"Mereka bukan ISIS atau kelompok lain yang bertarung dengan sistem Iran, mereka lebih berhubungan dengan Amerika dan Mossad, " kata Brigadir Jenderal Abolfazl Shekarchi kepada kantor berita IRNA.

https://internasional.kompas.com/read/2018/09/24/20301571/isis-rilis-video-tiga-pria-yang-diklaim-serang-parade-militer-iran

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke