Salin Artikel

Sempat Terperangkap di Goa, Tim "Wild Boars" Mulai Berlatih untuk Pertandingan

MAE SAI, KOMPAS.com - Anda tentu masih ingat dengan kisah penyelamatan 12 remaja laki-laki dan seorang pelatihnya, yang terperangkap di goa Tham Luang, Thailand.

Setelah melewati proses evakuasi panjang dan masa pemulihan, kini 12 bocah yang tergabung dalam tim sepak bola Wild Boars atau Moo Paa kembali merumput untuk mengawali musim pertandingan.

Diwartakan oleh Bangkok Post, Minggu (16/9/2018), 12 bocah tersebut sudah menjalani latihan sepak bola sejak Kamis lalu di Sekolah Prasitsart Mae Sai, di distrik Mae Sai, Chiang Rai.

Humas kantor pemerintah provinsi setempat mengunggah video di Facebook pada Sabtu (15/9/2018), memperlihatkan mereka sedang berlatih dengan gembira.

Latihan untuk musim pertandingan itu merupakan yang pertama kalinya sejak mereka dan pelatih Ekkapol Chanthawong diselamatkan dari goa pada Juli lalu.

Pelatih Ekkapol juga nampak ikut berlatih bersama mereka. Dia mengatakan bahwa klub sepak bola mempercayakannya untuk mengasah kemampuan tim.

Dia meninggalkan Wat Phra That Doi Wai sejak 8 September lalu, di mana dia menghabiskan waktu menjadi biksu sejak 24 Juli 2018.

Mengabdikan diri sebagai biksu untuk beberapa saat merupakan bentuk apresiasinya terhadap seluruh tim penyelamat, termasuk Saman Kunan, mantan penyelam AL Thailand yang tewas dalam operasi penyelamatan internasional itu.

Para remaja juga telah kembali bersekolah pada 6 Agustus 2018. Mereka sempat menghadiri gala diner di Royal Plaza, Bangkok, pada 6 September lalu untuk berterima kasih kepada relawan lokal dan internasional.

Ekkapol dan 12 remaja itu merupakan anggota dari akademi Wild Boars, yang mendukung kaum muda dari berbagai usia untuk bermain sepak bila dan berkompetisi di Ciang Rai dan provinsi terdekat lainnya.

Sementara itu, sebuah perusahaan film berbasis di Thailand telah bergabung dalam perebutan pengambilan kisah dramatis penyelamatan 13 orang di goa Tham Luang.

AFP melaporkan, rumah produksi di Bangkok, De Warrenne Pictures, menyetujui pendanaan untuk membuat versi film yang disebut "The Cave", dengan pengambilan gambar pada November 2018.

"Proyek sudah ditetapkan," kata produser Katrina Grose, mengenai film yang akan disutradarai oleh Tom Waller.

https://internasional.kompas.com/read/2018/09/16/16231361/sempat-terperangkap-di-goa-tim-wild-boars-mulai-berlatih-untuk

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke